MOTIVASI BELAJAR SISWA SANGGAR TARI BALI SIWA NATA RAJA DI YOGYAKARTA

Lado, Rae Mariana Kore (2014) MOTIVASI BELAJAR SISWA SANGGAR TARI BALI SIWA NATA RAJA DI YOGYAKARTA. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Rae Mariana Kore Lado 10209244021.pdf

Download (8MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan motivasi siswa dalam belajar tari Bali di sanggar tari Siwa Nata Raja, di kota Yogyakarta. Para siswa yang belajar di sanggar tersebut semuanya berlatar belakang budaya Jawa khususnya Yogyakarta. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Subjek penelitian berjumlah 25 siswa, orang tua siswa, serta nara sumber yaitu Ni Ketut Suriastini selaku pengajar sekaligus pimpinan Sanggar, Sidhi sebagai pengajar, serta Triana Sutampi selaku staf administrasi. Penelitian difokuskan pada motivasi siswa dalam belajar tari Bali. Pengumpulan data diperoleh dengan cara melakukan observasi, wawancara, dan studi dokumentasi. Analisis data menggunakan teknik analisis deskripriptif kulitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Motivasi siswa dalam belajar tari Bali di Sanggar Siwa Nata Raja mempunyai 2 faktor, yaitu (1) faktor internal dalam proses belajar di Sanggar Siwa Nata Raja siswa yang diteliti menunjukkan bahwa siswa dapat meraih keberhasilannya dalam belajar tari Bali dikarenakan mempunyai dorongan dari dalam diri yang terdiri dari dua faktor yaitu fisik dan psikis. Faktor fisik yang berhubungan dengan kondisi kesehatan siswa, faktor psikis berhubungan dengan bakat maupun minat dari dalam diri siswa, (2) Faktor eksternal, siswa Sanggar Siwa Nata Raja yang diteliti mempunyai pengaruh yang tinggi dari luar yang terdiri faktor keluarga, sekolah, dan faktor masyarakat sebagai contoh peran orang tua siswa yang awalnya mengarahkan serta mendukung siswa untuk belajar tari Bali. Di sisi lain teman dari siswa tersebut juga mengarahkan untuk belajar tari Bali. Dari beberapa dorongan yang diperoleh, timbul motivasi siswa untuk belajar tari Bali, motivasi atau dorongan dari luar tersebut menjadikan siswa tertarik kemudian merasa senang dalam belajar tari Bali. Pelayanan serta pengelolaan sanggar yang baik juga berpengaruh, karena perasaan nyaman dan senang pada diri siswa akan timbul. Sikap guru yang ramah, cara mengajar yang menerapkan sistem kasih sayang, serta fasilitas belajar yang memadai membuat siswa merasa betah dan nyaman belajar tari Bali di sanggar Siwa Nata Raja.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: motivasi, belajar
Subjects: Seni dan Budaya > Seni Tari
Divisions: Fakultas Bahasa, Seni dan Budaya (FBSB) > Pendidikan Seni Tari
Depositing User: Admin Pendidikan Seni Tari FBS
Date Deposited: 16 Apr 2015 04:28
Last Modified: 29 Jan 2019 21:12
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/16757

Actions (login required)

View Item View Item