PEMANFAATAN APLIKASI RAPID TYPING UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENGETIK PADA MATA PELAJARAN KETERAMPILAN KOMPUTER DAN PENGELOLAAN INFORMASI (KKPI) DI SMK NEGERI 1 KLATEN.

Asih Titin Yuli, Titin (2013) PEMANFAATAN APLIKASI RAPID TYPING UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENGETIK PADA MATA PELAJARAN KETERAMPILAN KOMPUTER DAN PENGELOLAAN INFORMASI (KKPI) DI SMK NEGERI 1 KLATEN. S1 thesis, Fakultas Ekonomi.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI.pdf

Download (22MB) | Preview

Abstract

PEMANFAATAN APLIKASI RAPID TYPING UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENGETIK PADA MATA PELAJARAN KETERAMPILAN KOMPUTER DAN PENGELOLAAN INFORMASI (KKPI) DI SMK NEGERI 1 KLATEN Oleh : Titin Yuli Asih NIM. 09402241008 ABSTRAK Penelitian ini bertujuan (1) mengetahui peningkatan kecepatan mengetik peserta didik kompetensi keahlian Administrasi Perkantoran di SMK Negeri 1 Klaten dengan menggunakan aplikasi Rapid Typing, dan(2) mengetahui peningkatan ketepatan mengetik peserta didik kompetensi keahlian Administrasi Perkantoran di SMK Negeri 1 Klaten dengan menggunakan aplikasi Rapid Typing. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK).Subjek dalam penelitian ini adalah kelas XI AP 1 SMK Negeri 1 Klaten yang berjumlah 36 siswa.Teknik pengumpulan data berupa tes kecepatan dan akurasi atau ketepatan mengetik siswa. Hasil penelitian menunjukan bahwa dengan memanfaatkan aplikasi Rapid Typing pada mata pelajaran Keterampilan Komputer dan Pengelolaan Informasi (KKPI) dapat meningkatkan kecepatan dan ketepatan mengetik siswa di SMK Negeri 1 Klaten. Rata-rata kecepatan Pre Test siswa yang hanya 184,25 cpm menjadi 196,46 cpm pada Siklus I, tetapi menurun menjadi 194,32 cpm pada Siklus II, kemudian meningkat menjadi 214,88 cpm pada Siklus III, dan 239 cpm pada Post Test. Rata- rata ketepatanPre Test siswa yang hanya 96,28% menjadi 96,76% pada Siklus I, tetapi menurun menjadi 95,97% pada Siklus II, kemudian meningkat menjadi 96,38% pada Siklus III, dan 97,38% pada Post Test. Berdasarkan penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan kecepatan dan ketepatan mengetik antara hasil Pre Test dengan Post Test. Dengan demikian, hipotesis tindakan yang menyatakan pemanfaatan aplikasi Rapid Typing untuk meningkatkan kecepatan dan ketepatan mengetik 10 jari peserta didik kompetensi keahlian Administrasi Perkantoran di SMK Negeri 1 Klaten dinyatakan diterima. Kata kunci : Aplikasi Rapid Typing, mengetik, kecepatan, ketepatan.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Ilmu Sosial > Administrasi Perkantoran
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Pendidikan Administrasi
Depositing User: Admin Administrasi Perkantoran FE
Date Deposited: 16 Apr 2015 04:36
Last Modified: 29 Jan 2019 21:12
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/16755

Actions (login required)

View Item View Item