PENGEMBANGAN “REDOX SQUADRON” BERBASIS MOBILE SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN MANDIRI UNTUK PESERTA DIDIK SMA/MA KELAS X

Kuswito, - (2013) PENGEMBANGAN “REDOX SQUADRON” BERBASIS MOBILE SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN MANDIRI UNTUK PESERTA DIDIK SMA/MA KELAS X. S1 thesis, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam.

[img] Text
Pengembanga1.docx

Download (15kB)

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang bertujuan untuk mengembangkan “Redox Squadron” berbasis mobile sebagai media pembelajaran mandiri untuk peserta didik SMA/MA, mengetahui kualitas media ini berdasarkan penilaian 5 guru (reviewer) dan mengetahui tanggapan peserta didik terhadap media ini. Pengembangan media “Redox Squadron” berbasis mobile mengikuti model pengembangan ADDIE (analysis, design, development, implementation, evaluation), tetapi hanya dilaksanakan sampai tahap keempat, yaitu implementasi. Produk awal ditinjau oleh 1 ahli materi, 1 ahli media, dan 3 peer-reviewer. Penilaian kualitas produk dilakukan berdasarkan aspek perangkat materi dan soal, struktur kebahasaan, tampilan media, dan rekayasa perangkat lunak. Data penilaian diperoleh dari hasil isian angket oleh 5 guru kimia dan 25 peserta didik SMA/MA kelas X. Hasil penelitian ini adalah media “Redox Squadron” berbasis mobile sebagai media pembelajaran mandiri untuk peserta didik SMA/MA kelas X yang dapat dioperasikan pada mobile phone Android. Kualitas media “Redox Squadron” berbasis mobile berdasarkan penilaian guru mendapatkan skor rata-rata (X ̅) sebesar 125,4 dengan persentase keidealan sebesar 89,57% sehingga termasuk dalam kriteria kualitas Sangat Baik (SB). Penilaian peserta didik menunjukkan skor rata-rata sebesar 81,72 dengan persentase keidealan 81,72 % sehingga termasuk dalam kategori kualitas Baik (B). Peserta didik menganggap media ini menarik dan meningkatkan minat dalam belajar kimia. Kata kunci : Redox Squadron, pembelajaran mandiri, media berbasis mobile

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Kimia
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) > Jurusan Pendidikan Kimia > Pendidikan Kimia
Depositing User: Admin Kimia FMIPA
Date Deposited: 16 Apr 2015 04:10
Last Modified: 29 Jan 2019 21:12
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/16754

Actions (login required)

View Item View Item