SURVEI TINGKAT KESEGARAN JASMANI SISWA KELAS V SD NEGERI PITROSARI DI DATARAN TINGGI KECAMATAN WONOBOYO DAN SD NEGERI 2 GEDONGSARI DI DATARAN RENDAH KECAMATAN JUMO KABUPATEN TEMANGGUNG TAHUN2012/2013

Nurtejo Abiwatta, Nurtejo (2013) SURVEI TINGKAT KESEGARAN JASMANI SISWA KELAS V SD NEGERI PITROSARI DI DATARAN TINGGI KECAMATAN WONOBOYO DAN SD NEGERI 2 GEDONGSARI DI DATARAN RENDAH KECAMATAN JUMO KABUPATEN TEMANGGUNG TAHUN2012/2013. S1 thesis, Fakultas Ilmu Keolahragaan.

[img]
Preview
Text
HALAMAN AWAL.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (28kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (28kB) | Preview

Abstract

Belum diketahui tingkat kesegaran jasmani siswa SD Negeri Pitrosari di dataran tinggi Kecamatan Wonoboyo dan SD Negeri 2 Gedongsari di dataran rendah Kecamatan Jumo Kabupaten Temanggung. Penelitian ini bertujuan mengetahui tingkat kesegaran jasmani siswa SD Negeri Pitrosari di dataran tinggi Kecamatan Wonoboyo dan SD Negeri 2 Gedongsari di dataran rendah Kecamatan Jumo Kabupaten Temanggung. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif komparatif. Metode yang digunakan adalah metode survei.Teknik pengambilan data menggunakan tes TKJI. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah siswa kelas V SD Negeri Pitrosari di dataran tinggi Kecamatan Wonoboyo dan SD Negeri 2 Gedongsari di dataran rendah Kecamatan Jumo Kabupaten Temanggung, berjumlah 61. Instrumen yang digunakan adalah Tes Kesegaran Jasmani Indonesia usia 10 – 12 tahun. Analisis data menggunakan deskriptif persentase. Hasil penelitian menunjukan bahwa; (1) Tingkat kesegaran jasmani SD Negeri Pitrosari di dataran tinggi Kecamatan Wonoboyo berada pada kategori sangat kurang dengan persentase 0% (tidak ada siswa), kategori kurang sebesar 4.17% (1 siswa), kategori sedang persentase sebesar 70.83% (17 siswa), kategori baik persentase sebesar 25% (6 siswa), dan kategori sangat baik dengan persentase sebesar 0% (tidak ada siswa). (2) Tingkat kesegaran jasmani siswa SD Negeri 2 Gedongsari di dataran rendah Kecamatan Jumo berada pada kategori sangat kurang dengan persentase 0% (tidak ada siswa), kategori kurang sebesar 37.84% (14 siswa), kategori sedang persentase sebesar 56.76% (21 siswa), kategori baik persentase sebesar 5.41% (2 siswa), dan kategori sangat baik dengan persentase sebesar 0% (tidak ada siswa). (3) Dari data SD Negeri Pitrosari di dataran tinggi Kecamatan Wonoboyo memiliki rerata16.08, selanjutnya padaSD Negeri 2 Gedongsari di dataran rendah Kecamatan Jumo rerata mencapai 13.86. Dilihat dari perbedaan nilai rata-rata, yaitu sebesar 2.21, ini menunjukkan bahwa tingkat kesegaran jasmani siswa SD Negeri Pitrosari di dataran tinggi lebih baikdibanding tingkat kesegaran jasmani siswa SD Negeri 2 Gedongsari di dataran rendah.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Olahraga
Olahraga > Other
Olahraga > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Olahraga > Pendidikan Jasmani, Kesehatan, dan Rekreasi
Depositing User: Admin Pendidikan Olahraga FIK
Date Deposited: 16 Apr 2015 04:09
Last Modified: 29 Jan 2019 21:12
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/16753

Actions (login required)

View Item View Item