PENGELOLAAN LABORATORIUM KOMPUTER DI SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN NEGERI I YOGYAKARTA.

Hastuti Dwi Puji, Dwi (2013) PENGELOLAAN LABORATORIUM KOMPUTER DI SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN NEGERI I YOGYAKARTA. S1 thesis, Fakultas Ekonomi.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

PENGELOLAAN LABORATORIUM KOMPUTER DI SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN NEGERI I YOGYAKARTA Penulis 1 : Dwi Puji Hastuti (06402244037) Prnulis 2 : Djihad Hisyam, M.Pd E-mail : yoland09@hotmail.co.id Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengelolaan Laboratorium Komputer di SMK N I Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif, metode pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian diperoleh kesimpulan: 1) Perencanaan kebutuhan dan pengadaan perlengkapan dilakukan setiap awal tahun ajaran baru dengan melakukan musyawarah, menentukan Rencana Anggaran Belanja (RAB), pengorganisasian ditandai dengan adanya pembagian tugas dan tanggung jawab pengelola, pemeliharaan dilakukan dengan membersihkan dan pengecekan peralatan secara rutin, pengadministrasian dengan cara inventarisasi perlengkapan laboratorium dan dalam hal pengawasan menggunakan teknik pengawasan preventif dan langsung. 2) Hambatan yang muncul: perencanaan perlengkapan, terbatasnya jumlah pengelola, pemeliharaan fasilitas, dan pengawasan laboratorium yang belum optimal. 3) Usaha yang dilakukan untuk mengatasi hambatan yaitu: Pada awal tahun ajaran baru melakukan koordinasi. Dan supaya pengawasan dapat berjalan dengan optimal Kepala Laboratorium memberikan motivasi, mengarahkan, dan melakukan koordinasi dengan guru yang mengajar praktik di laboratorium. Kata kunci : Pengelolaan, Laboratorium, Laboratorium Komputer.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Ilmu Sosial > Administrasi Perkantoran
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Pendidikan Administrasi
Depositing User: Admin Administrasi Perkantoran FE
Date Deposited: 16 Apr 2015 04:36
Last Modified: 29 Jan 2019 21:12
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/16752

Actions (login required)

View Item View Item