PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN AKTIF “CARD SORT” TERHADAP MOTIVASI DAN PRESTASI BELAJAR KIMIA KELAS XI IPA SEMESTER GENAP

Sulistiawati, Dewi (2013) PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN AKTIF “CARD SORT” TERHADAP MOTIVASI DAN PRESTASI BELAJAR KIMIA KELAS XI IPA SEMESTER GENAP. S1 thesis, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam.

[img] Text
PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN AKTIF.docx

Download (17kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh penggunaan strategi pembelajaran aktif card sort terhadap motivasi dan prestasi belajar kimia peserta didik pada materi asam basa Kelas XI IPA Semester Genap SMA Negeri 3 Wonogiri Tahun ajaran 2012/2013 Populasi penelitian ini adalah 140 peserta didik kelas XI IPA SMA Negeri 3 Wonogiri tahun ajaran 2012/2013. Sampel penelitian ini adalah 56 peserta didik. Metode penelitian yang digunakan adalah metode quasi eksperiment dengan rancangan satu faktor yaitu strategi pembelajaran aktif card sort terhadap prestasi belajar, dua sampel yaitu kelas eksperimen dan kelas kontrol, dan satu faktor dengan pengamatan ulang yaitu strategi pembelajaran aktif card sort terhadap motivasi sebelum dan sesudah pembelajaran. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa strategi pembelajaran aktif card sort dapat meningkatkan motivasi peserta didik tetapi tidak dapat meningkatkan prestasi belajar kimia peserta didik pada materi asam basa kelas XI IPA semester genap di SMA Negeri 3 Wonogiri tahun ajaran 2012/2013. Kata Kunci : Strategi Pembelajaran Aktif, card sort, Motivasi, Prestasi Belajar, Asam Basa

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Kimia
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) > Jurusan Pendidikan Kimia > Pendidikan Kimia
Depositing User: Admin Kimia FMIPA
Date Deposited: 16 Apr 2015 03:58
Last Modified: 29 Jan 2019 21:12
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/16751

Actions (login required)

View Item View Item