HUBUNGAN ANTARA MINAT PROFESI GURU DAN SIKAP KEGURUAN TERHADAP KESIAPAN MENGAJAR MAHASISWA PENDIDIKAN ADMINISTRASI PERKANTORAN FAKULTAS EKONOMI UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA.

Ayuni Yunnita, Nita (2013) HUBUNGAN ANTARA MINAT PROFESI GURU DAN SIKAP KEGURUAN TERHADAP KESIAPAN MENGAJAR MAHASISWA PENDIDIKAN ADMINISTRASI PERKANTORAN FAKULTAS EKONOMI UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA. S1 thesis, Fakultas Ekonomi.

[img]
Preview
Text
skripsi YUNNITA AYUNI.pdf

Download (20MB) | Preview

Abstract

HUBUNGAN ANTARA MINAT PROFESI GURU DAN SIKAP KEGURUAN TERHADAP KESIAPAN MENGAJAR MAHASISWA PENDIDIKAN ADMINISTRASI PERKANTORAN FAKULTAS EKONOMI UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA ABSTRAK Oleh: YUNNITA AYUNI NIM. 05402244030 Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara Minat Profesi Guru dan Sikap Keguruan dengan Kesiapan Mengajar Mahasiswa Pendidikan Administrasi Perkantoran Angkatan 2008 Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Yogyakarta. Penelitian ini adalah penelitian ex-post facto, subjek penelitian adalah seluruh mahasiswa Program Studi Pendidikan Administrasi Perkantoran Angkatan 2008 FIS UNY yang telah menempuh mata kuliah PPL I dan PPL II yang berjumlah 90 mahasiswa. Pengumpulan data diambil dengan angket, observasi, dan wawancara. Uji validitas dilakukan dengan teknik korelasi Product Moment dari Karl Pearson. Sedangkan uji reliabilitas digunakan rumus Alpha Cronbach. Untuk mengetahui hubungan Minat Profesi Guru dan Sikap Keguruan dengan Kesiapan Mengajar Mahasiswa digunakan teknik analisis korelasi Product Moment dilanjutkan dengan korelasi parsial. Sedangkan untuk mengetahui hubungan Minat Profesi Guru dan Sikap Keguruan secara bersama-sama dengan Kesiapan Mengajar Mahasiswa digunakan teknik analisis korelasi ganda yang dilanjutkan dengan analisis regresi ganda. Tingkat signifikansi hasil analisis ditentukan sebesar 5%. Hasil penelitian ini dapat diperoleh kesimpulan sebagai berikut: (1) Terdapat hubungan positif dan signifikan antara Minat Profesi Guru dengan Kesiapan Mengajar Mahasiswa Pendidikan Administrasi Perkantoran Angkatan 2008 FIS UNY yang ditunjukkan dengan koefisien korelasi sebesar 0,502. (2) Terdapat hubungan positif dan signifikan antara Sikap Keguruan dengan Kesiapan Mengajar Mahasiswa Pendidikan Administrasi Perkantoran Angkatan 2008 FIS UNY yang ditunjukkan dengan koefisien korelasi sebesar 0,609. (3) Terdapat hubungan positif dan signifikan antara Minat Profesi Guru dan Sikap Keguruan secara bersama-sama dengan Kesiapan Mengajar Mahasiswa Pendidikan Administrasi Perkantoran Angkatan 2008 FIS UNY ditunjukkan dengan koefisien korelasi (R) 0,671 dan koefisien determinasi (R2) sebesar 0,450. Ini berarti 45,0% Kesiapan Mengajar Mahasiswa dijelaskan oleh Minat Profesi Guru dan Sikap Keguruan. Sedangkan 55,0% dijelaskan oleh factor lain yang tidak dianalisis dalam penelitian ini. Kata kunci: Minat Profesi Guru, Sikap Keguruan, Kesiapan Mengajar.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Ilmu Sosial > Administrasi Perkantoran
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Pendidikan Administrasi
Depositing User: Admin Administrasi Perkantoran FE
Date Deposited: 16 Apr 2015 04:36
Last Modified: 29 Jan 2019 21:12
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/16750

Actions (login required)

View Item View Item