HUBUNGAN ANTARA KEMAMPUAN VERBAL DAN PENALARAN DENGAN PRESTASI BELAJAR ILMU KIMIA PESERTA DIDIK KELAS XI SMAN 1 WATES TAHUN AJARAN 2012/2013 PADA MATERI POKOK KESETIMBANGAN KIMIA

Firdausi, Sabti Yunia (2013) HUBUNGAN ANTARA KEMAMPUAN VERBAL DAN PENALARAN DENGAN PRESTASI BELAJAR ILMU KIMIA PESERTA DIDIK KELAS XI SMAN 1 WATES TAHUN AJARAN 2012/2013 PADA MATERI POKOK KESETIMBANGAN KIMIA. S1 thesis, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam.

[img] Text
HUBUNGAN ANTARA KEMAMPUAN VERBAL DAN PENALARAN DENGAN PRESTASI BELAJAR ILMU KIMIA PESERTA DIDIK.docx

Download (14kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya hubungan antara: 1) kemampuan verbal dengan prestasi belajar ilmu kimia pada materi pokok kesetimbangan kimia apabila kemampuan penalaran dikendalikan, 2) kemampuan penalaran dengan prestasi belajar ilmu kimia pada materi pokok kesetimbangan kimia apabila kemampuan verbal dikendalikan, 3) kemampuan verbal dan penalaran dengan prestasi belajar ilmu kimia pada materi pokok kesetimbangan kimia. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas XI IPA semester 2 SMAN 1 Wates tahun ajaran 2012/2013 yang terdiri dari 5 kelas. Jumlah populasi sebanyak 113 peserta didik. Teknik pengambilan sampel dilakukan secara cluster random sampling. Sampel berjumlah 41 peserta didik. Pengumpulan data kemampuan verbal, kemampuan penalaran, dan prestasi belajar ilmu kimia diperoleh dengan cara ujian tertulis menggunakan instrumen berupa soal objektif yang telah divalidasi sebelumnya. Hipotesis pada penelitian ini diuji dengan analisis korelasi parsial jenjang pertama dan analisis korelasi ganda. Selanjutnya koefisien korelasi parsial jenjang pertama diuji signifikansinya dengan uji t, dan koefisien korelasi ganda dengan uji F. Kesimpulan penelitian ini adalah 1) hubungan antara kemampuan verbal dengan prestasi belajar ilmu kimia pada materi pokok kesetimbangan kimia apabila kemampuan penalaran dikendalikan diperoleh hasil yang tidak signifikan, 2) ada hubungan yang positif dan signifikan antara kemampuan penalaran dengan prestasi belajar ilmu kimia pada materi pokok kesetimbangan kimia apabila kemampuan verbal dikendalikan, 3) ada hubungan yang positif dan signifikan antara kemampuan verbal dan kemampuan penalaran dengan prestasi belajar kimia pada materi pokok kesetimbangan kimia. Kata kunci: kemampuan verbal, kemampuan penalaran, prestasi belajar ilmu kimia, kesetimbangan kimia

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Kimia
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) > Jurusan Pendidikan Kimia > Pendidikan Kimia
Depositing User: Admin Kimia FMIPA
Date Deposited: 16 Apr 2015 03:52
Last Modified: 29 Jan 2019 21:12
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/16749

Actions (login required)

View Item View Item