PENGEMBANGAN MULTIMEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBASIS WEB-BLOG PADA STANDAR KOMPETENSI MENGOPERASIKAN APLIKASI PERANGKAT LUNAK UNTUK SISWA SMK KOMPETENSI KEAHLIAN ADMINISTRASI PERKANTORAN.

Ardiansyah Shandra, Shandra (2013) PENGEMBANGAN MULTIMEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBASIS WEB-BLOG PADA STANDAR KOMPETENSI MENGOPERASIKAN APLIKASI PERANGKAT LUNAK UNTUK SISWA SMK KOMPETENSI KEAHLIAN ADMINISTRASI PERKANTORAN. S1 thesis, Fakultas Ekonomi.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI (SHANDRA ARDIANSYAH 09402241007).pdf

Download (57MB) | Preview

Abstract

PENGEMBANGAN MULTIMEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBASIS WEB-BLOG PADA STANDAR KOMPETENSI MENGOPERASIKAN APLIKASI PERANGKAT LUNAK UNTUK SISWA SMK KOMPETENSI KEAHLIAN ADMINISTRASI PERKANTORAN Oleh Shandra Ardiansyah NIM. 09402241007 ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk: (1) menghasilkan multimedia pembelajaran interaktif berbasis web-blog pada Standar Kompentensi Mengoperasikan Aplikasi Perangkat Lunak untuk siswa SMK Kompetensi Keahlian Administrasi Perkantoran; (2) mengetahui kelayakan multimedia pembelajaran interaktif berbasis web-blog pada Standar Kompentensi Mengoperasikan Aplikasi Perangkat Lunak untuk siswa SMK Kompetensi Keahlian Administrasi Perkantoran. Subjek penetian ini adalah siswa kelas XI Kompetensi Keahlian Administrasi Perkantoran SMK Negeri 7 Yogyakarta berjumlah 45 siswa. Penelitian ini dilaksanakan dengan menggunkan model penelitian dan pengembangan yang sudah diadaptasi meliputi tahap-tahap: (1) analisis; (2) desain; (3) pengembangan; dan (4) implementasi. Desain uji coba penelitian dan pengembangan meliputi dua tahap, yaitu uji alpha dan uji beta. Sementara itu, metode pengumpulan data menggunakan angket untuk memperoleh data kuantitatif sebagai pokok data dan wawancara untuk memperoleh data kualitatif yang berupa uraian, saran, dan masukan dari subjek uji coba. Adapun teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Data kuantitatif yang diperoleh dari lembar kuesioner penilaian dianalisis, selanjutnya dikonversikan ke data kualitatif dengan menggunakan skala Likert. Berdasarkan hasil penelitian menunjukan bahwa: (1) multimedia pembelajaran interaktif berbasis we-blog pada Standar Kompetensi Mengoperasikan Aplikasi Perangkat Lunak ini berhasil dikembangkan melalui beberapa tahap, yaitu analisis, desain, pengembangan, dan implementasi; (2) hasil penilaian ahli materi mendapatkan skor rata-rata 4,54 dengan kategori “sangat baik”; hasil penilaian ahli media mendapatkan skor rata-rata 4,20 dengan kategori “sangat baik”, dan hasil uji coba pengguna mendapatkan skor rata-rata rata-rata 4,21 dengan katergori “sangat baik”. Dengan demikian, multimedia pembelajaran interaktif berbasis web-blog pada Standar Kompetensi Mengoperasikan Aplikasi Perangkat Lunak yang dikembangkan dianggap layak untuk dijadikan sebagai media pembelajaran. Kata Kunci: pengembangan, multimedia, aplikasi perangkat lunak.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Ilmu Sosial > Administrasi Perkantoran
Divisions: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Administrasi Perkantoran
Depositing User: Admin Administrasi Perkantoran FE
Date Deposited: 16 Apr 2015 04:36
Last Modified: 16 Apr 2015 04:36
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/16748

Actions (login required)

View Item View Item