Putra Gilang Sunu Aditya, Gilang (2013) DAMPAK PEMANFAATAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS KOMPUTER DAN METODE MENGAJAR GURU TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA. S1 thesis, Fakultas Ekonomi.
|
Text
SKRIPSI GILANG FULL.pdf Download (4MB) | Preview |
Abstract
DAMPAK PEMANFAATAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS KOMPUTER DAN METODE MENGAJAR GURU TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA Oleh: Gilang Sunu Aditya Putra NIM. 09402244016 ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dampak pemanfaatan media pembelajaran berbasis komputer dan metode mengajar guru terhadap prestasi belajar siswa. Penelitian ini adalah penelitian ex post facto. Variabel dalam penelitian ini adalah pemanfaatan media pembelajaran berbasisi komputer, metode mengajar guru, dan prestasi belajar. Populasi dalam penelitian ini adalah Siswa Kelas X Kompetensi Keahlian Administrasi Perkantoran SMK Muhammadiyah 2 Yogyakarta yang berjumlah 34 siswa. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik kuesioner/angket dan teknik dokumentasi. Uji coba instrumen dilaksanakan pada 27 siswa Kelas X Kompetensi Keahlian Administrasi Perkantoran SMK Bopkri 1 Yogyakarta. Uji validitas mengggunakan dengan teknik korelasi Product Moment dari Pearson. Uji reabilitas menggunakan rumus Alpha Cronbach. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis linear berganda, yang digunakan untuk menguji hipotesis penelitian ini yaitu dampak pemanfaatan media pembelajaran berbasis komputer dan metode mengjar guru terhadap prestasi belajar siswa. Hasil penelitian menunjukan bahwa: 1) terdapat dampak positif dan signifikan pemanfaatan media pembelajaran berbasis komputer terhadap prestasi belajar siswa kelas X AP di SMK Muhammadiyah 2 Yogyakarta, hal ini dibuktikan dari nilai t hitung lebih besar dari t tabel (5,735>2,042) dan nilai signifikansi sebesar 0,000, yang berarti kurang dari 0,05 (0,000<0,05). 2) terdapat dampak positif dan signifikan metode mengajar guru terhadap prestasi belajar siswa kelas X AP di SMK Muhammadiyah 2 Yogyakarta, hal ini dibuktikan dari nilai t hitung lebih besar dari t tabel (5,423>2,042) dan nilai signifikansi sebesar 0,000, yang berarti kurang dari 0,05 (0,000<0,05). 3) Terdapat dampak positif dan signifikan pemanfaatan media pembelajaran berbasis komputer dan metode mengajar guru terhadap prestasi belajar siswa kelas X AP di SMK Muhammadiyah 2 Yogyakarta, hal ini dibuktikan dari nilai F hitung sebesar 23,050 lebih besar dari F tabel (23,050>3,30) dan nilai signifikansi sebesar 0,000 yang berarti kurang dari 0,05 (0,000<0,05). Variabel pemanfaatan media pembelajaran berbasis komputer dan metode mengajar guru secara bersama-sama mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap prestasi belajar siswa. Kata kunci : Media Pembelajaran Komputer, Metode Mengajar, Prestasi Belajar.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | Ilmu Sosial > Administrasi Perkantoran |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Administrasi Perkantoran |
Depositing User: | Admin Administrasi Perkantoran FE |
Date Deposited: | 16 Apr 2015 04:36 |
Last Modified: | 29 Jan 2019 21:12 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/16744 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |