EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN PRESTASI BELAJAR KIMIA PESERTA DIDIK KELAS XI IPA SEMESTER 2 SMA NEGERI 1 DUKUN KABUPATEN MAGELANG TAHUN AJARAN 2012/ 2013

Ani, Astri (2013) EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN PRESTASI BELAJAR KIMIA PESERTA DIDIK KELAS XI IPA SEMESTER 2 SMA NEGERI 1 DUKUN KABUPATEN MAGELANG TAHUN AJARAN 2012/ 2013. S1 thesis, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam.

[img] Text
EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS.docx

Download (12kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan model pembelajaran Project Based Learning (PBL) dilihat dari perbedaan kemampuan berpikir kritis dan prestasi belajar kimia peserta didik yang mengikuti pembelajaran menggunakan model pembelajaran PBL dengan peserta didik yang mengikuti pembelajaran menggunakan model pembelajaran konvensional pada kelas XI IPA Semester 2 SMAN 1 Dukun Kabupaten Magelang. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan desain dua faktor, dua sampel, dan satu kovariabel. Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas XI IPA Semester 2 SMAN 1 Dukun tahun ajaran 2012/ 2013 dengan jumlah populasi 80 peserta didik. Sampel penelitian terbagi dalam dua kelas yaitu kelas eksperimen (XI IPA 3) dan kelas kontrol (XI IPA 1) yang diambil secara purpossive sampling. Data yang diperoleh dalam penelitian ini adalah data pengetahuan awal kimia peserta didik, data kemampuan berpikir kritis belajar kimia peserta didik yang dianalisis dengan uji-t beda subjek, dan data prestasi belajar kimia peserta didik yang dianalisis dengan uji anakova. Hasil penelitian dan analisis data menunjukkan bahwa skor kemampuan berpikir kritis dan prestasi belajar peserta didik yang mengikuti pembelajaran dengan model pembelajaran PBL lebih tinggi dibanding kelas konvensional, serta ada perbedaan skor kemampuan berpikir kritis dan prestasi belajar kimia. Oleh karena itu model pembelajaran PBL efektif diterapkan dalam pembelajaran kimia untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan prestasi belajar. Kata kunci: project based learning, kemampuan berpikir kritis, prestasi belajar kimia.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Kimia
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Jurusan Pendidikan Kimia > Pendidikan Kimia
Depositing User: Admin Kimia FMIPA
Date Deposited: 16 Apr 2015 03:42
Last Modified: 16 Apr 2015 03:42
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/16743

Actions (login required)

View Item View Item