PERANAN PADEPOKAN TJIPTA BOEDAJA TERHADAP PENDIDIKAN KARAKTER ANAK MELALUI PEMENTASAN WAYANG BOCAH DUSUN TUTUP NGISOR, DESA SUMBER, KECAMATAN DUKUN, KABUPATEN MAGELANG

-, Ariani (2014) PERANAN PADEPOKAN TJIPTA BOEDAJA TERHADAP PENDIDIKAN KARAKTER ANAK MELALUI PEMENTASAN WAYANG BOCAH DUSUN TUTUP NGISOR, DESA SUMBER, KECAMATAN DUKUN, KABUPATEN MAGELANG. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Ariani 10209241044.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengetahui peranan padepokan Tjipta Boedaja terhadap pendidikan karakter anak melalui pementasan wayang bocah di dusun tutup ngisor, desa sumber, kecamatan dukun kabupaten magelang dan (2) mengetahui Bagaimana perwujudan pendidikan karakter dalam pertunjukan Wayang Bocah? Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif-kualitatif. Subjek penelitian adalah wayang Bocah dan para informan yang terdiri dari pemimpin padepokan Tjipta Boedaja, anggota padepokan Tjipta Boedaja, pelatih, penari, dan masyarakat setempat. Pengumpulan data melalui observasi partisipasif, wawancara mendalam, dan studi dokumentasi. Data dianalisis secara kualitatif deskriptif dengan cara reduksi data, deskripsi data, dan penarikan kesimpulan. Teknik pemeriksaan keabsahan data diperoleh melalui teknik triangulasi teknik, yaitu dengan menggunakan teknik pengumpulan data obsevasi partisipasif, wawancara mendalam dan dokumentasi untuk mendapatkan sumber data yang sama. Hasil penelitian menunjukan bahwa: (1) peranan Padepokan Tjipta Boedaja terhadap pedidikan karakter anak melalui pementasan Wayang Bocah sebagai kontrol dan pusat penanaman nilai kebudayaan di dusun Tutup Ngisor, pihak padepokan mengadakan pengajaran Wayang Bocah. Hal ini bertujuan sebagai strategi untuk mewariskan kebudayaan ke generasi baru, sehingga tujuan awal atau prinsip dasar kebudayaan di Padepokan Tjipta Boedaja tetap terjaga. (2) penanaman pendidikan karakter melalui Wayang Bocah yang ada di Padepokan Tjipta Boedaja dapat dilihat dengan adanya nilai-nilai yang ditanamkan kepada anak-anak pemain Wayang Bocah seperti: kedisiplinan, kreatif, mandiri, rasa ingin tahu, cinta tanah air, bersahabat/komunikatif, dan tanggung jawab.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Padepokan Tjipta Boedaja, pendidikan karakter
Subjects: Seni dan Budaya > Seni Tari
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Seni Tari
Depositing User: Admin Pendidikan Seni Tari FBS
Date Deposited: 16 Apr 2015 03:40
Last Modified: 16 Apr 2015 03:40
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/16742

Actions (login required)

View Item View Item