PENGGUNAANLOW TECH TOOLS SISTEM INFORMASI GEOGRAFI UNTUK MENINGKATKAN SPATIAL THINKING ABILITYSISWA

Asngari, Amad Chasan (2014) PENGGUNAANLOW TECH TOOLS SISTEM INFORMASI GEOGRAFI UNTUK MENINGKATKAN SPATIAL THINKING ABILITYSISWA. S1 thesis, Fakultas Ilmu Sosial.

[img] Other (FIS Digital)
Skripsi Full Geo 09405241010.swf - Published Version

Download (12MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1)PenggunaanLow Tech Tools SIGuntuk meningkatkan spatial thinking abilitysiswa SMA Negeri 10 Purworejo; 2) Perbedaan spatial thinking abilityantara siswa laki-laki dan perempuan SMA Negeri 10 dan SMA Negeri 5 Purworejo. Penelitian ini merupakan penelitian kuasi eksperimen dengan model rancangan nonequivalent control group design. Populasi dalam penelitian ini terdiri dari dua SMA dikabupaten Purworejo, siswa SMA Negeri 10 sebanyak 490 siswa dan siswaSMA Negeri 5 Purworejo sebanyak 642 siswa. Sampel penelitian adalah dua kelas yang setara yang ditentukan dengan teknik purposive sampling dan didasarkan pada rata-rata nilai ujian semester. Metode pengumpulan data menggunakan instrumenspatial thinking ability test (STAT) yang didesain oleh Lee. Teknik pengumpulan datamelalui tahap observasi, dokumentasi dan STAT. Teknik analisis data mencakup prasyarat uji hipotesis yaitu uji normalitasmenggunakan Kolmogorov-Smirnovdan uji homogenitas menggunakan Uji-F. Pengujian hipotesismenggunakan uji Independent Samples T-testdan uji Mann-Whitney pada taraf signifikansi 0,05. Analisis data dikerjakan dengan bantuan software SPSS 17. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1)Low Tech Tools SIGdapat meningkatkanspatial thinking ability siswa SMA Negeri 10 Purworejo. Keputusan ini didasarkan pada hasil uji T-testyang menunjukkanperbedaan yang signifikan (0,038). Output descriptivesstatistics menunjukkan bahwa nilai mean posttest kelas eksperimen lebih tinggi dari kelas kontrol. (2) Perbedaan spatial thinking ability antara siswa laki-laki dan perempuan(sex difference) di SMA Negeri 10 dan SMA Negeri 5 Purworejotidak signifikan. Pada kelas eksperimen, spatial thinking ability siswa laki-laki lebih tinggi dari siswa perempuan.Pada kelas kontrol, dilihatdari nilai mean skor pretest-posttest STAT siswa laki-laki lebih rendah dari siswa perempuan. Penelitian ini membuktikan bahwaLow Tech Tools SIG dapat meningkatkan spatial thinking abilitysiswa SMA N 10 Purworejo.Spatial thinking ability siswa laki-laki tidak lebih tinggi dari perempuan, meskipun banyak teori yang menjadi landasan bahwa spatial thinking abilitylaki-laki lebih unggul dari perempuan. Kata kunci: spatial thinking ability, STAT, sex difference

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Umum > Penelitian
Ilmu Sosial > Geografi
Ilmu Sosial > Geografi > Geografi Umum
Pendidikan > Media Pendidikan
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial, Hukum dan Ilmu Politik (FISHIPOL) > Pendidikan Geografi
Depositing User: Admin Pendidikan Geografi FIS
Date Deposited: 16 Apr 2015 02:22
Last Modified: 29 Jan 2019 21:11
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/16712

Actions (login required)

View Item View Item