PERANAN BANTUAN MODAL PROGRAM NASIONAL PEMBERDAYAAN MASYARAKAT MANDIRI PERDESAAN (PNPM MANDIRI PERDESAAN) DALAM MENINGKATKAN EKONOMI MASYARAKAT DI DESA BANYUURIP, KECAMATAN BANYUURIP, KABUPATEN PURWOREJO.

Aresta Febrilia Ika, Febri (2013) PERANAN BANTUAN MODAL PROGRAM NASIONAL PEMBERDAYAAN MASYARAKAT MANDIRI PERDESAAN (PNPM MANDIRI PERDESAAN) DALAM MENINGKATKAN EKONOMI MASYARAKAT DI DESA BANYUURIP, KECAMATAN BANYUURIP, KABUPATEN PURWOREJO. S1 thesis, Fakultas Ekonomi.

[img]
Preview
Text
1 Halaman Depan - Lampiran.pdf

Download (18MB) | Preview

Abstract

PERANAN BANTUAN MODAL PROGRAM NASIONAL PEMBERDAYAAN MASYARAKAT MANDIRI PERDESAAN (PNPM MANDIRI PERDESAAN) DALAM MENINGKATKAN EKONOMI MASYARAKAT DI DESA BANYUURIP, KECAMATAN BANYUURIP, KABUPATEN PURWOREJO Oleh: Febrilia Ika Aresta 08404244008 ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) pengaruh bantuan modal PNPM Mandiri Perdesaan terhadap perkembangan usaha anggota kelompok Simpan Pinjam Perempuan (SPP) Desa Banyuurip. 2) pengaruh bantuan modal PNPM Mandiri Perdesaan terhadap peningkatan pendapatan anggota kelompok Simpan Pinjam Perempuan (SPP) Desa Banyuurip. 3) pengaruh perkembangan usaha terhadap peningkatan pendapatan anggota kelompok Simpan Pinjam Perempuan (SPP) Desa Banyuurip Penelitian ini merupakan penelitian ex-post facto dengan menggunakan pendekatan kuantitatif. Subjek penelitian ini adalah seluruh anggota kelompok Simpan Pinjam Perempuan (SPP) Desa Banyuurip yang berjumlah 48 responden. Teknik pengumpulan data dengan observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan: 1) Analisis ststistik deskriptif melalui perhitungan mean (M), median (Me), modus (Mo) dan standar deviasi (SD). 2) Analisis Chi Kuadrat (χ2) untuk menguji hipotesis. Hasil penelitian menunjukkan: 1) tidak ada pengaruh positif dan signifikan bantuan modal PNPM Mandiri Perdesaan terhadap perkembangan usaha anggota kelompok Simpan Pinjam Perempuan (SPP) Desa Banyuurip. Hal ini ditunjukkan dengan (χ2)hitung < ( χ2)tabel (1,09<3,84 dengan dk=1 dan taraf kesalahan sebesar 5%. 2) ada pengaruh positif dan signifikan bantuan modal PNPM Mandiri Perdesaan terhadap peningkatan pendapatan anggota kelompok Simpan Pinjam Perempuan (SPP) Desa Banyuurip. Hal ini ditunjukkan dengan (χ2)hitung > (χ2)tabel (6,06>3,84) dengan dk=1 dan taraf kesalahan sebesar 5%. 3) tidak ada pengaruh positif dan signifikan perkembangan usaha terhadap peningkatan pendapatan anggota kelompok Simpan Pinjam Perempuan (SPP) Desa Banyuurip. Hal ini ditunjukkan dengan (χ2)hitung < ( χ2)tabel (0,003<3,84) dengan dk=1 dan taraf kesalahan sebesar 5%. Kata Kunci: bantuan modal PNPM, perkembangan usaha, peningkatan pendapatan.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Ilmu Sosial > Ekonomi > Ekonomi
Divisions: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Admin Pendidikan Ekonomi FE
Date Deposited: 17 Apr 2015 00:33
Last Modified: 29 Jan 2019 21:10
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/16699

Actions (login required)

View Item View Item