PENGEMBANGAN MEDIA AUDIO VISUAL PEDOMAN APERSEPSI GURU KIMIA SMA/MA KELAS X SEMESTER 2 PADA STANDAR KOMPETENSI MEMAHAMI SIFAT-SIFAT SENYAWA ORGANIK ATAS DASAR GUGUS FUNGSI DAN SENYAWA MAKROMOLEKUL

Rifatusholihah, Kun (2013) PENGEMBANGAN MEDIA AUDIO VISUAL PEDOMAN APERSEPSI GURU KIMIA SMA/MA KELAS X SEMESTER 2 PADA STANDAR KOMPETENSI MEMAHAMI SIFAT-SIFAT SENYAWA ORGANIK ATAS DASAR GUGUS FUNGSI DAN SENYAWA MAKROMOLEKUL. S1 thesis, Fakultas Matematika dan Ilmu pengetahuan Alam.

[img] Text
PENGEMBANGAN MEDIA AUDIO VISUAL PEDOMAN APERSEPSI.docx

Download (12kB)

Abstract

Pemberian apersepsi di awal pembelajaran sangatlah penting, untuk itu dibutuhkan sebuah media audio visual sebagai panduan pemberian apersepsi yang mudah dipahami oleh guru kimia. Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk (1) mengembangkan media audio visual apersepsi kimia, (2) mengetahui kualitas media audio visual apersepsi kimia SMA/MA kelas X pada standar kompetensi memahami sifat-sifat senyawa organik atas dasar gugus fungsi dan senyawa makromolekul. Model pengembangan yang digunakan pada pengembangan ini mengikuti model prosedural yang diadaptasi dari model penelitian pengembangan menurut Borg dan Gall. Produk awal ditinjau oleh satu orang dosen sebagai ahli materi dan juga ahli media serta tiga orang peer reviewer. Produk hasil revisi dinilai oleh lima orang guru kimia SMA/MA selaku reviewer. Penilaian kualitas media audio visual pedoman apersepsi ini menggunakan instrumen penilaian berupa angket yang mencakup 5 aspek penilaian, yaitu (1) aspek kelayakan isi apersepsi, (2) aspek kebahasaan, (3) aspek keterlaksanaan, (4) aspek tampilan audio dan visual, dan (5) aspek kemudahan penggunaan. Hasil penelitian pengembangan ini adalah media audio visual apersepsi kimia SMA/MA yang terdiri dari 11 video apersepsi. Media audio visual apersepsi ini memiliki kualitas Sangat Baik (SB) dengan skor rata-rata 133 lebih besar dari Mi + 1,8 SBi = 126, sehingga media audio visual pedoman apersepsi ini layak dijadikan pedoman pemberian apersepsi bagi guru kimia SMA/MA. Kata kunci: penelitian pengembangan, media audio visual, apersepsi, pedoman guru, senyawa organik.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Kimia
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) > Jurusan Pendidikan Kimia > Pendidikan Kimia
Depositing User: Admin Kimia FMIPA
Date Deposited: 16 Apr 2015 02:07
Last Modified: 29 Jan 2019 21:10
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/16694

Actions (login required)

View Item View Item