ABSTRAK KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF DENGAN TEKNIK THINK- PAIR-SHARE DALAM MENINGKATKAN KEAKTIFAN BELAJAR DAN HASIL BELAJAR EKONOMI SISWA KELAS X SMA NEGERI 1 PRAMBANAN KABUPATEN SLEMAN

Tian Wuri Dianing Ratri, Dian (2013) ABSTRAK KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF DENGAN TEKNIK THINK- PAIR-SHARE DALAM MENINGKATKAN KEAKTIFAN BELAJAR DAN HASIL BELAJAR EKONOMI SISWA KELAS X SMA NEGERI 1 PRAMBANAN KABUPATEN SLEMAN. S1 thesis, Fakultas Ekonomi.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI.pdf

Download (6MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF DENGAN TEKNIK THINK- PAIR-SHARE DALAM MENINGKATKAN KEAKTIFAN BELAJAR DAN HASIL BELAJAR EKONOMI SISWA KELAS X SMA NEGERI 1.PRAMBANAN KABUPATEN SLEMAN Oleh: Tian Wuri Dianing Ratri Program Studi Pendidikan Ekonomi Universitas Negeri Yogyakarta 08404241027 Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) keefektifan metode pembelajaran teknik Think- Pair-Share dalam meningkatkan keaktifan belajar siswa dalam mata pelajaran ekonomi; 2) keefektifan metode pembelajaran teknik Think-Pair-Share dalam meningkatkan hasil belajar siswa dalam mata pelajaran ekonomi; 3) keefektifan metode Think-Pair-Share dalam meningkatkan keaktifan belajar dibandingkan dengan metode konvensional; 4) keefektifian metode Think-Pair- Share dalam meningkatkan hasil belajar siswa dibanding dengan metode konvensional. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan desain control-group pretest-postest design. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas X SMA Negeri 1 Prambanan yang berjumlah 192 siswa. Pemilihan sampel dilakukan dengan teknik purposive random sampling sehingga didapatkan 2 kelas sebagai kelompok eksperimen (KE) dan kelompok kontrol (KK). Teknik pengumpulan data menggunakan dokumentasi, angket dan tes. Teknik analisis data menggunakan statistik deskriptif dan uji-t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Metode Think-Pair-Share sebagai metode pembelajaran efektif dalam meningkatkan keaktifan belajar siswa dalam mata pelajaran ekonomi. Didapatkan t hitung keaktifan belajar pada kelompok eksperimen 20,728 dengan taraf signifikansi sebesar 0,000; 2) Metode Think-Pair-Share sebagai metode pembelajaran efektif dalam meningkatkan hasil belajar siswa dalam mata pelajaran ekonomi dibuktikan dengan t hitung hasil belajar pada kelompok eksperimen 11,823 dengan taraf signifikansi 0,000; 3) Keaktifan siswa pada kelompok yang menggunakan metode Think-Pair-Share lebih tinggi daripada kelompok yang menggunakan metode ceramah, didapatkan t hitung 7,862 dengan signifikansi 0,000 dan rata-rata keaktifan akhir pada kelompok eksperimen 61,50 sedangkan pada kelompok kontrol 50,31; 4) Hasil belajar ekonomi pada kelompok yang menggunakan metode Think-Pair-Share lebih tinggi daripada hasil belajar ekonomi pada kelompok yang menggunakan metode ceramah. Didapatkan t hitung 4,606 dengan signifikansi 0,000, dan rata-rata hasil belajar ekonomi (post-test) pada kelompok eksperimen sebesar 81,09 sedangkan pada kelompok kontrol 71,88. Kata Kunci: Metode Think-Pair-Share, Keaktifan Belajar, Hasil Belajar.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Ilmu Sosial > Ekonomi > Ekonomi
Divisions: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Admin Pendidikan Ekonomi FE
Date Deposited: 17 Apr 2015 00:33
Last Modified: 29 Jan 2019 21:10
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/16691

Actions (login required)

View Item View Item