HUBUNGAN DISIPLIN BELAJAR DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR TARI KLANA ALUS SUMYAR MAHASISWA PENDIDIKAN SENI TARI ANGKATAN 2013 FAKULTAS BAHASA DAN SENI UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA

Ananda, Mayga Ayu (2014) HUBUNGAN DISIPLIN BELAJAR DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR TARI KLANA ALUS SUMYAR MAHASISWA PENDIDIKAN SENI TARI ANGKATAN 2013 FAKULTAS BAHASA DAN SENI UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Mayga Ayu Ananda 10209241045.pdf

Download (14MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada atau tidaknya hubungan antara disiplin belajar dan motivasi belajar terhadap prestasi belajar Tari Klana Alus Sumyar mahasiswa Pendidikan Seni Tari angkatan 2013 Fakultas Bahasa dan Seni Universitas Negeri Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif studi korelasional. Sampel terdiri dari 32 responden yang tersebar dalam 3 kelas ketrampilan. Pengumpulan data variabel bebas (disiplin belajar dan motivasi belajar) menggunakan angket (non tes), data variabel terikat (prestasi belajar tari) diperoleh melalui tes penampilan (tes). Uji prasyarat analisis meliputi uji normalitas dan linieritas. Hipotesis dianalisis dengan teknik korelasi Product Moment dari Pearson yang dilanjutkan dengan menggunakan rumus korelasi ganda (multiple correlation). Hasil penelitian menunjukan bahwa: (1) hipotesis pertama yang berbunyi “Terdapat hubungan disiplin belajar terhadap prestasi belajar Tari Klana Alus Sumyar mahasiswa Pendidikan Seni Tari angkatan 2013 Fakultas Bahasa Dan Seni Universitas Negeri Yogyakarta” teruji kebenarannya dengan rhitung ≥ rtabel, yaitu 0,940 ≥ 0,349 dengan taraf signifikansi 0,00 ≤ 0,05. (2) hipotesis kedua yang berbunyi “Terdapat hubungan motivasi belajar terhadap prestasi belajar Tari Klana Alus Sumyar mahasiswa Pendidikan Seni Tari angkatan 2013 Fakultas Bahasa Dan Seni Universitas Negeri Yogyakarta” teruji kebenarannya dengan nilai rhitung ≥ rtabel, yaitu 0,859 ≥ 0,349 dengan taraf signifikansi 0,00 ≤ 0,05. (3) Hipotesis ketiga yang berbunyi “Terdapat hubungan disiplin belajar dan motivasi belajar secara bersama-sama terhadap prestasi belajar Tari Klana Alus Sumyar mahasiswa Pendidikan Seni Tari angkatan 2013 Fakultas Bahasa Dan Seni Universitas Negeri Yogyakarta” teruji kebenarannya dengan nilai Rhitung ≥ rtabel, yaitu 0,951 ≥ 0,349 dengan taraf signifikansi 0,00 ≤ 0,05 dan nilai Fhitung ≥ Ftabel yaitu 136,705 ≥ 3,33. Hal tersebut bermakna jika disiplin belajar dan motivasi belajar tinggi maka prestasi belajar yang diperoleh semakin tinggi.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: hubungan, disiplin, motivasi, prestasi, Tari Klana Alus
Subjects: Seni dan Budaya > Seni Tari
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Seni Tari
Depositing User: Admin Pendidikan Seni Tari FBS
Date Deposited: 16 Apr 2015 01:23
Last Modified: 29 Jan 2019 21:09
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/16677

Actions (login required)

View Item View Item