HUBUNGAN ANTARA KEMAMPUAN VERBAL DAN PENALARAN DENGAN PRESTASI BELAJAR ILMU KIMIA PESERTA DIDIK KELAS XI SMAN 9 YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2012/2013 PADA MATERI POKOK LARUTAN PENYANGGA

Hartanti, Dwi (2013) HUBUNGAN ANTARA KEMAMPUAN VERBAL DAN PENALARAN DENGAN PRESTASI BELAJAR ILMU KIMIA PESERTA DIDIK KELAS XI SMAN 9 YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2012/2013 PADA MATERI POKOK LARUTAN PENYANGGA. S1 thesis, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam.

[img] Text
ABSTRAK.docx

Download (20kB)

Abstract

Penelitian ini adalah penelitian korelasi yang bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya hubungan yang positif dan signifikan antara: (1) kemampuan verbal dengan prestasi belajar ilmu kimia jika kemampuan penalaran peserta didik dikendalikan, (2) kemampuan penalaran dengan prestasi belajar ilmu kimia jika kemampuan verbal peserta didik dikendalikan, dan (3) kemampuan verbal dan penalaran dengan prestasi belajar ilmu kimia. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas XI IPA semester 2 SMAN 9 Yogyakarta tahun ajaran 2012/2013 yang berjumlah 138 peserta didik dan dibagi dalam 5 kelas. Teknik pengambilan sampel dilakukan secara cluster random sampling. Sampel berjumlah 80 peserta didik yang terbagi dalam 3 kelas yaitu kelas XI IPA 3, XI IPA 4, XI IPA 5 SMAN 9 Yogyakarta tahun ajaran 2012/2013. Hipotesis pada penelitian ini diuji dengan analisis korelasi parsial jenjang pertama dan analisis korelasi ganda. Selanjutnya koefisien korelasi parsial jenjang pertama diuji signifikansinya dengan uji t, dan koefisien korelasi ganda dengan uji F. Hasil penelitian ini adalah: (1) ada hubungan yang positif dan signifikan antara kemampuan verbal dengan prestasi belajar ilmu kimia apabila kemampuan penalaran peserta didik dikendalikan dengan r = 0,429 dan t¬hitung = 4,168 (thitung > ttabel), (2) ada hubungan yang positif namun tidak signifikan antara kemampuan penalaran dengan prestasi belajar ilmu kimia apabila kemampuan verbal peserta didik dikendalikan dengan r = 0,028 dan t¬hitung = 0,246 (thitung < ttabel), (3) ada hubungan yang positif dan signifikan antara kemampuan verbal dan penalaran dengan prestasi belajar ilmu kimia dengan r = 0,6188 dan Fhitung = 23,908 (Fhitung > Ftabel). Kata kunci : kemampuan verbal, kemampuan penalaran, prestasi belajar ilmu kimia, larutan penyangga

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Kimia
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) > Jurusan Pendidikan Kimia > Pendidikan Kimia
Depositing User: Admin Kimia FMIPA
Date Deposited: 16 Apr 2015 00:53
Last Modified: 29 Jan 2019 21:09
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/16664

Actions (login required)

View Item View Item