IMPLEMENTASI STRATEGI KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE (TPS) UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR AKUNTANSI SISWA XI AK 2 SMK BATIK PERBAIK PURWOREJO TAHUN AJARAN 2012/2013

Windriyani Lia, Lia (2013) IMPLEMENTASI STRATEGI KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE (TPS) UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR AKUNTANSI SISWA XI AK 2 SMK BATIK PERBAIK PURWOREJO TAHUN AJARAN 2012/2013. S1 thesis, Fakultas Ekonomi.

[img]
Preview
Text
1 HAL DEPAN.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
3 BAB 1.pdf

Download (165kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4 BAB 2.pdf

Download (217kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5 BAB 3.pdf

Download (218kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6 BAB 4.pdf

Download (323kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7 BAB 5.pdf

Download (95kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8 DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (137kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9 LAMPIRAN.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

IMPLEMENTASI STRATEGI KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE (TPS) UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR AKUNTANSI SISWA XI AK 2 SMK BATIK PERBAIK PURWOREJO TAHUN AJARAN 2012/2013 Oleh: Lia Windriyani 09403244055 ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan Prestasi Belajar Akuntansi Siswa Kelas XI AK 2 SMK Batik Perbaik Purworejo Tahun Ajaran 2012/2013 dengan Implementasi Strategi Kooperatif Tipe Think Pair Share (TPS). Desain penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilakukan secara kolaboratif dengan guru mata pelajaran Akuntansi di SMK Batik Perbaik Purworejo. Kompetensi Dasar yang dipilih yaitu membukukan data persediaan barang supplies ke kartu persediaan. Subjek penelitian yaitu siswa kelas XI AK 2 yang terdiri dari 30 siswa. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus. Tiap siklus terdiri dari empat rencana tindakan yaitu: perencanaan (plan), tindakan (action), pengamatan (observation), dan refleksi (reflection). Indikator keberhasilan penelitian ini adalah apabila 75% dari jumlah seluruh siswa memenuhi nilai KKM yang ditentukan yaitu 75. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu catatan lapangan, dokumentasi, dan tes. Teknik analisis data yang digunakan yaitu deskriptif kuantitatif dengan persentase berupa perhitungan tes Prestasi Belajar Akuntansi. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa Strategi Kooperatif Tipe Think Pair Share (TPS) dapat meningkatkan Prestasi Belajar Akuntansi Siswa XI AK 2. Hal ini dibuktikan pada siklus I nilai rata-rata pre test sebesar 67,5 meningkat menjadi 84,9 pada post test sedangkan siklus II nilai rata-rata pre test sebesar 76,3 meningkat menjadi 90,6 pada post test. Pada siklus I jumlah siswa yang mencapai KKM adalah 13 atau 43,3% pada pre test meningkat menjadi 25 siswa yang tuntas atau 83,3% pada post test sedangkan pada siklus II jumlah siswa yang mencapai KKM adalah 16 atau 53,3% pada pre test meningkat menjadi 27 siswa yang tuntas atau 90% pada post test. Kata kunci: Strategi Kooperatif Tipe, Think Pair Share, Prestasi Belajar Akuntansi.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Ilmu Sosial > Ekonomi > Akuntansi
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Pendidikan Akuntansi > Akuntansi
Depositing User: Admin Akuntansi FE
Date Deposited: 17 Apr 2015 00:34
Last Modified: 29 Jan 2019 21:09
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/16662

Actions (login required)

View Item View Item