ANALISIS IMPLEMENTASI SISTEM AKUNTANSI INSTANSI (SAI) PADA SATUAN KERJA PUSAT PENGEMBANGAN DAN PEMBERDAYAAN PENDIDIK DAN TENAGA KEPENDIDIKAN (PPPPTK) SENI DAN BUDAYA YOGYAKARTA

Purwanto, Wanto (2013) ANALISIS IMPLEMENTASI SISTEM AKUNTANSI INSTANSI (SAI) PADA SATUAN KERJA PUSAT PENGEMBANGAN DAN PEMBERDAYAAN PENDIDIK DAN TENAGA KEPENDIDIKAN (PPPPTK) SENI DAN BUDAYA YOGYAKARTA. S1 thesis, Fakultas Ekonomi.

[img]
Preview
Text
Skripsi.pdf

Download (61MB) | Preview

Abstract

ANALISIS IMPLEMENTASI SISTEM AKUNTANSI INSTANSI (SAI) PADA SATUAN KERJA PUSAT PENGEMBANGAN DAN PEMBERDAYAAN PENDIDIK DAN TENAGA KEPENDIDIKAN (PPPPTK) SENI DAN BUDAYA YOGYAKARTA Oleh: Purwanto 09412144058 ABSTRAK Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui Sistem Akuntansi Instansi (SAI) yang diterapkan pada Satuan Kerja PPPPTK Seni dan Budaya Yogyakarta sudah sesuai dengan aturan yang ada dalam Peraturan Menteri Keuangan Nomor 171/PMK.05/2007 dan untuk mengetahui mekanisme penyampaian laporan keuangan satker PPPPTK Seni dan Budaya Yogyakarta sehingga terwujud penyampaian laporan keuangan yang tepat waktu. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah wawancara dan dokumentasi. Instrumen dalam penelitian menggunakan pedoman wawancara. Teknik analisis data menggunakan metode Miles dan Huberman dengan aktivitas reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil dari penelitian ini, dapat disimpulkan bahwa implementasi Sistem Akuntansi Instansi (SAI) yang ada pada satker PPPPTK Seni dan Budaya belum sepenuhnya sesuai dengan Peraturan Menteri Keuangan Nomor 171/PMK.05/2007 tentang sistem akuntansi dan pelaporan keuangan pemerintah pusat, hal tersebut dikarenakan satker dalam menyelenggarakan SAI belum membentuk Unit Akuntansi Kuasa Pengguna Anggaran (UAKPA) dan Unit Akuntansi Kuasa Pengguna Barang (UAKPB). Dari hasil temuan diatas, kemudian diberikan saran agar nantinya implementasi SAI pada satker PPPPTK Seni dan Budaya dapat sesuai dengan aturan yang telah ditetapkan pemerintah, saran tersebut adalah satker PPPPTK Seni dan Budaya Yogyakarta segera membentuk Unit Akuntansi Kuasa Pengguna Anggaran (UAKPA) dan Unit Akuntansi Kuasa Pengguna Barang (UAKPB). Kata Kunci: Sistem Akuntansi Instansi (SAI)

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Ilmu Sosial > Ekonomi > Akuntansi
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Pendidikan Akuntansi > Akuntansi
Depositing User: Admin Akuntansi FE
Date Deposited: 17 Apr 2015 00:33
Last Modified: 29 Jan 2019 21:08
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/16655

Actions (login required)

View Item View Item