TINGKAT KESESUAIAN BUKU TEKS GEOGRAFI SMA KELAS XI TERHADAP STANDAR ISI

Mahyati, . (2011) TINGKAT KESESUAIAN BUKU TEKS GEOGRAFI SMA KELAS XI TERHADAP STANDAR ISI. S1 thesis, Fakultas Ilmu Sosial.

[img] Other (FIS Digital)
Skripsi Full 07405241045.swf - Published Version

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kesesuaian buku teks pelajaran geografi SMA terhadap Standar Isi dengan mengacu pada pedoman penilaian buku teks pelajaran geografi SMA/MA yang dikeluarkan oleh Badan Standar Nasional Pendidikan (BSNP). Penelitian ini termasuk jenis penelitian analisis isi (content analysis) dengan pendekatan kualitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah buku teks geografi SMA kelas XI yang digunakan di SMA N Kota Yogyakarta. Sampel dalam penelitian ini adalah buku teks geografi SMA kelas XI yang paling banyak digunakan di SMA N Kota Yogyakarta. Data dikumpulkan melalui penilaian kesesuaian isi, kebahasaan dan penyajian buku teks dengan pedoman penilaian buku teks pelajaran. Instrumen yang digunakan meliputi tiga buah format penilaian, yaitu format untuk menilai kesesuaian isi, kebahasaan dan penyajian. Data penelitian selanjutnya dianalisis dengan teknik analisis deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa urutan tingkat kesesuaian buku teks geografi SMA sebagai berikut: 1) Buku teks yang diterbitkan oleh Erlangga mempunyai tingkat kesesuaian 82,9%. 2) Buku teks yang diterbitkan oleh Bumi Aksara mempunyai tingkat kesesuaian 82,7%. 3) Buku teks yang diterbitkan oleh Yudhistira mempunyai tingkat kesesuaian 76,27%. Kata Kunci: Kesesuaian, Buku Teks, Geografi, Standar Isi

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Umum > Penelitian
Ilmu Sosial > Geografi
Ilmu Sosial > Geografi > Geografi Umum
Pendidikan > Media Pendidikan
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial, Hukum dan Ilmu Politik (FISHIPOL) > Pendidikan Geografi
Depositing User: Admin Pendidikan Geografi FIS
Date Deposited: 16 Apr 2015 00:20
Last Modified: 29 Jan 2019 21:08
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/16654

Actions (login required)

View Item View Item