PENGARUH SRATEGI PEMBELAJARAN (MIND MAPPING VS KONVENSIONAL) DAN GAYA BELAJAR SISWA TERHADAP HASIL BELAJAR PENGETAHUAN TARI SISWA KELAS VIII SMPN 2 BERBAH SLEMAN

Wulandari, Aida (2014) PENGARUH SRATEGI PEMBELAJARAN (MIND MAPPING VS KONVENSIONAL) DAN GAYA BELAJAR SISWA TERHADAP HASIL BELAJAR PENGETAHUAN TARI SISWA KELAS VIII SMPN 2 BERBAH SLEMAN. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Aida Wulandari 10209241008.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji keefektifan strategi pembelajaran mind mapping dan konvensional terhadap hasil belajar pengetahuan tari siswa kelas VIII SMPN 2 Berbah Sleman. Di samping itu juga untuk mengetahui perbedaan hasil belajar pengetahuan tari siswa kelas VIII SMPN 2 Berbah Sleman ditinjau dari gaya belajar siswa dan mengetahui adanya interaksi antara variabel strategi pembelajaran dan gaya belajar siswa terhadap hasil belajar pengetahuan tari siswa SMPN 2 Berbah Sleman. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen. Populasi pada penelitian adalah seluruh siswa kelas VIII SMPN 2 Berbah Sleman. Sampel terdiri dari 64 siswa kelas VIII yang terdiri dari 32 siswa kelas VIII A sebagai kelas eksperimen dengan treatment pembelajaran strategi mind mapping dan 32 siswa kelas VIII D sebagai kelas kontrol dengan treatment pembelajaran strategi pembelajaran konvensional. Sampel dalam penelitian ini ditentukan dengan menggunakan purposive sampling. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan memberikan test dan angket untuk mengetahui kemampuan awal siswa dan gaya belajar siswa. Selanjutnya siswa diberikan treatment sesuai dengan kelompok kelas masing-masing. Data hasil belajar pengetahuan tari siswa diperoleh melalui hasil posttest yang dilakukan setelah perlakuan. Metode pengujian hipotesis siswa menggunakan uji two way anova dan uji scheffe untuk mengetahui keefektifan strategi yang digunakan. Hasil penelitian dapat dilihat dari hasil uji hipotesis yang dilakukan menggunakan anova dua jalur dengan strategi pembelajaran memperoleh Sig sebesar 0,00 kemudian uji keefektifan menggunakan uji scheffe 2,534. Gaya belajar Sig 0,266 serta interaksi antara variabel strategi pembelajaran*gaya belajar Sig 0,587. Hasil ini menunjukkan bahwa hipotesis (1) strategi pembelajaran mind mapping lebih efektif dari pada strategi pembelajaran konvensional terhadap hasil belajar pengetahuan tari siswa kelas VIII SMPN 2 Berbah Sleman, (2) tidak adanya perbedaan hasil pengetahuan tari siswa kelas VIII SMPN 2 Berbah Sleman ditinjau dari gaya belajar siswa (visual, auditorial dan kinestetik), dan (3) tidak adanya interaksi antara variabel strategi pembelajaran dan variabel gaya belajar siswa dalam pengaruhnya terhadap hasil belajar pengetahuan tari siswa kelas VIII SMPN 2 Berbah Sleman.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: maind mapping, konvensional, hasil belajar
Subjects: Seni dan Budaya > Seni Tari
Divisions: Fakultas Bahasa, Seni dan Budaya (FBSB) > Pendidikan Seni Tari
Depositing User: Admin Pendidikan Seni Tari FBS
Date Deposited: 08 Jun 2015 03:27
Last Modified: 29 Jan 2019 21:08
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/16652

Actions (login required)

View Item View Item