HAMBATAN-HAMBATAN PENULISAN TUGAS AKHIR SKRIPSI MAHASISWA JURUSAN PENDIDIKAN GEOGRAFI FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN EKONOMI UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA

Zulfa, Yukhanidz (2010) HAMBATAN-HAMBATAN PENULISAN TUGAS AKHIR SKRIPSI MAHASISWA JURUSAN PENDIDIKAN GEOGRAFI FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN EKONOMI UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA. S1 thesis, Fakultas Ilmu Sosial.

[img] Other (FIS Digital)
Skripsi Full 06405244002.swf - Published Version

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hambatan-hambatan penulisan tugas akhir skripsi mahasiswa jurusan Pendidikan Geografi FISE UNY yang berasal dari dalam diri mahasiswa (intern), serta yang berasal dari luar diri mahasiswa (ekstern). Penelitian ini dilakukan di FISE UNY pada bulan Mei-Juli 2010. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif, populasi penelitian ini adalah mahasiswa jurusan Pendidikan Geografi yang telah melaksanakan wisuda pada bulan Februari dan Mei 2010 serta yang telah melaksanakan yudisium pada bulan Mei 2010, yaitu sejumlah 35 mahasiswa. Pengambilan data dalam penelitian ini menggunakan metode angket dan dokumentasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis statistik deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) hambatan-hambatan penulisan tugas akhir skripsi untuk hambatan yang berasal dari dalam diri mahasiswa (intern) adalah hambatan fisiologis, yang paling besar yaitu kondisi kesehatan badan yang kurang baik atau lelah (19,53%), hambatan psikologis, yang paling besar yaitu kelelahan psikis atau stress serta adanya masalah pribadi yang membuat malas dan tidak berkonsentrasi untuk mengerjakan skripsi (16,49%), hambatan akademik, yang paling besar adalah kesulitan teknis di lapangan saat penelitian (34,44%). 2) hambatan-hambatan penulisan tugas akhir skripsi untuk hambatan yang berasal dari luar diri mahasiswa (ekstern) adalah hambatan lingkungan sosial, yang paling besar yaitu adanya tuntutan keluarga untuk segera menyelesaikan skripsi sehingga menjadi beban pikiran (21,10%), hambatan pembimbingan skripsi, yang paling besar yaitu waktu yang digunakan untuk berkonsultasi/bimbingan dengan dosen sangat terbatas (21,11%) serta hambatan sarana prasarana belajar dan ekonomi, yang paling besar yaitu kekurangan dana untuk proses penyusunan skripsi (22,75%). Kata Kunci: Tugas akhir skripsi, mahasiswa jurusan Pendidikan Geografi FISE UNY.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Umum > Penelitian
Ilmu Sosial > Geografi
Ilmu Sosial > Geografi > Geografi Umum
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial, Hukum dan Ilmu Politik (FISHIPOL) > Pendidikan Geografi
Depositing User: Admin Pendidikan Geografi FIS
Date Deposited: 16 Apr 2015 00:12
Last Modified: 29 Jan 2019 21:08
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/16651

Actions (login required)

View Item View Item