PERSEPSI GURU PENDIDIKAN JASMANI MENGENAI EVALUASI PEMBELAJARAN PENDIDIKAN JASMANI DI SMA SE-KABUPATEN BANYUMAS

Teguh Dumadi, Sungging Teguh Dumadi (2013) PERSEPSI GURU PENDIDIKAN JASMANI MENGENAI EVALUASI PEMBELAJARAN PENDIDIKAN JASMANI DI SMA SE-KABUPATEN BANYUMAS. S1 thesis, UNY.

[img]
Preview
Text
Sungging Teguh Dumadi 145.pdf

Download (10MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui persepsi guru mengenai evaluasi pembelajaran Penjas di SMA. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan tiga faktor penelitian yaitu (1) Kognitif guru terkait evaluasi bagian dari kompetensi pedagogik, (2) Aspek penilaian dalam evaluasi Penjas, dan (3) Mekanisme evaluasi. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh guru Penjas di SMA se-Kabupaten Banyumas, yang berjumlah 31 guru. Teknik pengambilan data menggunakan angket. Uji Reliabilitas angket menggunakan rumus Alpha Cronbach diperoleh koefisien reliabilitas sebesar 0,958, dan pada Uji Validitas dari 55 butir pernyataan diperoleh 44 butir yang valid dengan nilai validitas total rata-rata sebesar 0,647. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif kuantitatif dengan persentase serta pengkategorian berdasarkan Mean dan Standar Deviasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa persepsi guru pendidikan jasmani mengenai evaluasi pembelajaran di SMA se-Kabupaten Banyumas berada pada kategori tinggi dengan presentase 41,9%, dengan rincian dari 31 guru sebanyak 1 (3,2%) guru yang dikategorikan sangat tinggi terkait persepsi mengenai evaluasi pembelajaran Penjas di SMA, 13 (41,9%) guru yang dikategorikan tinggi, 6 (19,4%) guru berkategori sedang, 8 (25,8) guru berkategori rendah, dan3 (9,7%) guru berkategori sangat rendah. Pada faktor kognitif guru terkai penilaian bagian dari kompetensi pedagogik berada pada kategori sedang dengan presentase 32,2%, faktor tiga aspek penilaian dalam evaluasi Penjas berada pada kategori sedang dengan presentase 38,7%, dan faktor mekanisme evaluasi pada kategori rendah dengan presentase 45,2%.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Olahraga
Olahraga > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan (FIKK) > Pendidikan Olahraga > Pendidikan Jasmani, Kesehatan Dan Rekreasi (PJKR)
Depositing User: Admin Pendidikan Olahraga FIK
Date Deposited: 15 Apr 2015 08:03
Last Modified: 29 Jan 2019 21:08
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/16646

Actions (login required)

View Item View Item