PEMANFAATAN KOLEKSI BUKU PERPUSTAKAAN SEKOLAH OLEH SISWA DI SMA NEGERI 1 KALASAN KECAMATAN KALASAN

Hesti, Chandra Nita (2015) PEMANFAATAN KOLEKSI BUKU PERPUSTAKAAN SEKOLAH OLEH SISWA DI SMA NEGERI 1 KALASAN KECAMATAN KALASAN. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Hesti Chandra Nita.pdf

Download (7MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pemanfaatan koleksi buku perpustakaan sekolah oleh siswa di SMA Negeri 1 Kalasan Kecamatan Kalasan yang meliputi: (1) jenis koleksi buku yang dipinjam oleh siswa, (2) jenis koleksi buku yang dibaca oleh siswa, (3) manfaat koleksi buku perpustakaan sekolah bagi siswa, dan (4) pengarahan yang diperoleh siswa dari pustakawan. Penelitian ini termasuk penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas: X, XI, dan XII yang berjumlah 641 siswa. Penentuan sampel menggunakan pendapat Issac dan Michael sehingga diperoleh sampel sebanyak 225 siswa dengan menggunakan teknik proportionate stratified random sampling. Pengumpulan data menggunakan metode angket, dokumentasi, dan wawancara tidak tersruktur. Teknik analisis data ini digunakan teknik deskriptif kuantitatif melalui teknik persentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Jenis koleksi buku yang dipinjam oleh siswa, yaitu koleksi buku penunjang pelajaran dan koleksi buku fiksi dikategorikan cukup (44,6%). (2) Jenis koleksi buku yang dibaca oleh siswa, yaitu koleksi buku referensi dikategorikan rendah (42,4%). (3) Manfaat koleksi buku perpustakaan sekolah bagi siswa dikategorikan cukup (58,5%). (4) Pengarahan yang diperoleh siswa dari pustakawan dikategorikan cukup (59,8%). Kata kunci: “pemanfaatan koleksi buku, perpustakaan sekolah”.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Perpustakaan
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > Manajemen Pendidikan
Depositing User: Admin Administrasi Pendidikan FIP
Date Deposited: 01 Jul 2015 01:57
Last Modified: 29 Jan 2019 21:08
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/16642

Actions (login required)

View Item View Item