NILAI-NILAI PENDIDIKAN KARAKTER YANG TERKANDUNG DALAM TARI TOPENG LENGGER KINAYAKAN DI DESA RECO, KECAMATAN KERTEK, KABUPATEN WONOSOBO

Tatik Susanti, Tatik (2015) NILAI-NILAI PENDIDIKAN KARAKTER YANG TERKANDUNG DALAM TARI TOPENG LENGGER KINAYAKAN DI DESA RECO, KECAMATAN KERTEK, KABUPATEN WONOSOBO. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI-TATIK SUSANTI-11209241036.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengungkapkan nilai-nilai pendidikan karakter yang terkandung dalam tari Topeng Lengger Kinayakan di Desa Reco Kecamatan Kertek Kabupaten Wonosobo. Penelitian ini merupakan penelitian analisis konten (content analysis). Subjek penelitian ini adalah pelaku seni tari Topeng Lengger Kinayakan di Desa Reco, Ketua kelompok kesenian Topeng Lengger di Desa Reco, seniman kesenian Topeng Lengger di Kabupaten Wonosobo, dan Kasi Kebudayaan Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Wonosobo. Pengumpulan data dilakukan melalui beberapa tahap, yaitu: penentuan unit dan pencatatan atau perekaman. Inferensi didasarkan pada empat kategori nilai pendidikan karakter. Validitas semantik dan wawancara terhadap ekspert digunakan untuk memvalidasi hasil penelitian. Hasil penelitian ini menunjukkan sebagai berikut. Nilai pendidikan karakter yang terkandung dalam tari Topeng Lengger Kinayakan meliputi nilai pendidikan karakter hubungannya dengan Tuhan, diri sendiri, sesama, dan kebangsaan. Tari Topeng Lengger Kinayakan mengajarkan agar manusia selalu berhubungan dengan Tuhan, yang meliputi menyembah Tuhan, taqwa kepada Tuhan, memohon kepada Tuhan, dan bersyukur kepada Tuhan. Mengajarkan agar setiap individu menanamkan kebiasaan yang baik, merasakan dan berperilaku yang baik, meliputi bertindak hati-hati, disiplin, teliti, tegas, jujur, tanggung jawab, sabar, bijaksana, tangkas, berani, cerdas, penuh semangat, rendah hati, pikiran yang kuat, berwibawa, kerapian, dan kerja keras. Mengajarkan agar membiasakan bersikap baik terhadap sesame. Nilai pendidikan karakter hubungannya dengan sesama meliputi cinta damai, ramah tamah, kebersamaan, dan kerjasama. Nilai pendidikan karakter hubungannya dengan kebangsaan meliputi semangat kebangsaan dan cinta tanah air. Mengajarkan sikap nasionalis pada generasi penerus bangsa.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: nilai, pendidikan karakter, tari Topeng Lengger Kinayakan.
Subjects: Seni dan Budaya > Seni Tari
Divisions: Fakultas Bahasa, Seni dan Budaya (FBSB) > Pendidikan Seni Tari
Depositing User: Admin Pendidikan Seni Tari FBS
Date Deposited: 15 Apr 2015 07:31
Last Modified: 29 Jan 2019 21:08
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/16637

Actions (login required)

View Item View Item