IMPLEMENTASI PEMBERDAYAAN KELUARGA MELALUI PENDIDIKAN ANAK USIA DINI PADA POS PEMBERDAYAAN KELUARGA DI DUSUN SAMAN DESA BANGUNHARJO KECAMATAN SEWON KABUPATEN BANTUL

Kristinah Prasetia Ningsih, Kristinah (2015) IMPLEMENTASI PEMBERDAYAAN KELUARGA MELALUI PENDIDIKAN ANAK USIA DINI PADA POS PEMBERDAYAAN KELUARGA DI DUSUN SAMAN DESA BANGUNHARJO KECAMATAN SEWON KABUPATEN BANTUL. S1 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan.

[img]
Preview
Text
Kristinah Prasetia Ningsih.pdf

Download (976kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan: (1) Proses Implementasi pemberdayaan keluarga melalui pendidikan PAUD pada Posdaya, (2) Manfaat PAUD bagi masyarakat dusun saman, (3) Faktor pendukung dan penghambat dalam pelaksanaan PAUD melalui Posdaya di Dusun Saman. Pendekatan dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan subyek dalam penelitian ini adalah pengelola Posdaya bidang pendidikan PAUD, Pendidik PAUD, dan orang tua peserta didik. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Peneliti sebagai instrumen utama dalam melakukan penelitian, yang dibantu oleh pertanyaan penelitian, pedoman wawancara, dan dokumentasi. Teknik yang digunakan dalam analisis data adalah, reduksi data, display data dan pengambilan kesimpulan. Trianggulasi dilakukan untuk menjelaskan keabsahan data dengan menggunakan sumber data. Hasil penelitian menunjukan bahwa (1) Proses Implementasi pemberdayaan keluarga melalui pendidikan PAUD pada Posdaya dilakukan rekruitmen peserta didik, rekruitment pendidik, interaksi antara pendidik dan peserta didik cukup baik, adanya komunikasi dalam pembelajaran, pendidik sebagai motivator dan teman dalam bermain, materi yang diberikan mencakup semua aspek perkembangan anak, strategi pembelajaran yang digunakan adalah strategi yang berpusat pada pendidik, metode pembelajaran yang digunakan adalah ceramah dan praktek. (2) Manfaat pemberdayaan keluarga dengan PAUD melalui Posdaya yaitu warga masyarakat memiliki kesadaran akan pentingnya pendidikan sejak usia dini, orang tua bisa melihat bakat anak sejak usia dini, anak dapat belajar bersosialisasi dengan lingkungan sekitar, melatih mental, dan perkembangan kecerdasan anak. (3) Faktor pendukung pelaksanaan program Posdaya motivasi warga masyarakat Dusun saman, keaktifan aparatur desa, pendidik, dan pengelola PAUD dalam menggalakkan kegiatan Posdaya khususnya pada PAUD di Dusun saman, Semangat anak-anak usia dini dusun Saman untuk mengikuti pembelajaran PAUD. Sedangkan faktor penghambatnya adalah kurangnya kesadaran pada masyarakat untuk mengikuti kegiatan Posdaya, sarana dan prasarana yang tersedia kurang memadai untuk mendukung keterlaksanaan Pendidikan anak usia dini. Kata kunci : Implementasi, Pemberdayaan, Keluarga, Pendidikan Anak Usia Dini

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Luar Sekolah
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > Pendidikan Luar Sekolah
Depositing User: Admin Pendidikan Luar Sekolah FIP
Date Deposited: 16 Apr 2015 05:36
Last Modified: 29 Jan 2019 21:07
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/16630

Actions (login required)

View Item View Item