PEMBELAJARAN SENI BUDAYA DAN PRAKARYA DENGAN PENDEKATAN SAINTIFIK DI KELAS IV A SD NEGERI JETISHARJO YOGYAKARTA TAHUN PELAJARAN 2013/ 2014

Adawiyyah, Siti Robiah (2015) PEMBELAJARAN SENI BUDAYA DAN PRAKARYA DENGAN PENDEKATAN SAINTIFIK DI KELAS IV A SD NEGERI JETISHARJO YOGYAKARTA TAHUN PELAJARAN 2013/ 2014. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Siti Robiah Adawiyyah 10207241023.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memahami dan mendeskripsikan pembelajaran Seni Budaya dan Prakarya (Kolase) dengan pendekatan saintifik di kelas IV A SD Negeri Jetisharjo Yogyakarta tahun pelajaran 2013/ 2014. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Data berupa kata-kata dan hasil tindakan yang diperoleh melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Subjek penelitian ini adalah guru dan peserta didik kelas IV A yang melaksanakan pembelajaran Seni Budaya dan Prakarya. Teknik pengumpulan data yang digunakan teknik observasi, teknik wawancara, dan teknik dokumentasi. Teknik pemeriksaan keabsahan data dengan cara ketekunan pengamatan dan triangulasi.Teknik analisis data yang digunakan yaitu reduksi data, display data, mengambil kesimpulan dan verifikasi. Berdasarkan hasil penelitian dapat dideskripsikan bahwa SD Negeri Jetisharjo telah menerapkan kurikulum 2013 untuk mata pelajaran Seni Budaya dan Prakarya. Pembelajaran menggunakan pendekatan saintifik meliputi kegiatan mengamati, menanya, menalar, mencoba, dan mengkomunikasikan. Perencanaan pembelajaran yang disusun oleh guru adalah RPP dan media seperti gambar. Sementara silabus disediakan oleh pemerintah pusat. Peserta didik mempersiapkan alat dan bahan untuk praktik. Pelaksanaan pembelajaran menggunakan pendekatan saintifik sudah berjalan dengan baik. Peserta didik menjadi lebih aktif, antusias dan kreatif dalam berkarya, serta percaya diri. Materi yang diajarkan adalah kolase dengan tema cita-citaku. Hasil karya kolase digolongkan sangat terampil, terampil, dan kurang terampil. Semua peserta didik berhasil memenuhi KKM yang ditetapkan yaitu 75.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: pembelajaran seni budaya, sd negeri jetisharjo
Subjects: Seni dan Budaya > Arts in general
Depositing User: Admin Pendidikan Seni Kerajinan FBS
Date Deposited: 15 Apr 2015 07:00
Last Modified: 15 Apr 2015 07:00
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/16623

Actions (login required)

View Item View Item