PROFIL KONDISI FISIK PEMAIN FUTSAL PELATIHAN DAERAH (PELATDA) KABUPATEN KLATEN TAHUN 2013 PROFIL KONDISI FISIK PEMAIN FUTSAL PELATIHAN DAERAH (PELATDA) KABUPATEN KLATEN TAHUN 2013

Pradana Putra, Galant Pradana Putra (2013) PROFIL KONDISI FISIK PEMAIN FUTSAL PELATIHAN DAERAH (PELATDA) KABUPATEN KLATEN TAHUN 2013 PROFIL KONDISI FISIK PEMAIN FUTSAL PELATIHAN DAERAH (PELATDA) KABUPATEN KLATEN TAHUN 2013. S1 thesis, UNY.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI GALANT PRADANA PUTRA-NIM.NIM. 09601244244.pdf

Download (31MB) | Preview

Abstract

Belum ada data profil kondisi fisik pemain Futsal Pelatihan Daerah Pekan Olahraga Provinsi Kabupaten Klaten Tahun 2013. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui profil kondisi fisik pemain Pelatihan Daerah Pekan Olahraga Provinsi Futsal Kabupaten Klaten. Komponen yang diukur adalah komponen kondisi fisik, yaitu kekuatan otot tungkai, kecepatan lari 50 meter, kelincahan, power tungkai dan daya tahan aerobik. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif. Metode yang digunakan adalah survei, dengan teknik pengumpulan data menggunakan tes dan pengukuran. Penelitian ini merupakan penelitian populasi yaitu pemain futsal Pelatihan Daerah Pekan Olahraga Provinsi Kabupaten Klaten tahun 2013 yang berjumlah 16 pemain. Instrumen yang digunakan, yaitu; (1) kekuatan otot tungkai diukur menggunakan leg and back dynamometer dengan satuan kilogram, (2) kecepatan diukur menggunakan tes lari 50 meter dengan satuan detik, (3) kelincahan diukur menggunakan illinois agility run test dengan satuan detik, (4) power tungkai diukur dengan vertical jump dengan satuan centimeter, dan (5) daya tahan aerobik diukur menggunakan tes multi tahap (multi stage test) dengan satuan ml/kg/min, kemudian seluruh data dikonversikan ke dalam T-score dan dijumlahkan. Analisis data menggunakan deskriptif persentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa profil kondisi fisik pemain futsal Pelatihan Daerah Pekan Olahraga Provinsi Kabupaten Klaten tahun 2013 berada pada kategori sangat kurang baik dengan persentase sebesar 18.75% (3 orang), pada kategori kurang baik dengan persentase sebesar 31.25% (5 orang), pada kategori cukup baik dengan persentase sebesar 18.75% (3 orang), kategori baik dengan persentase sebesar 12.5% (2 orang), dan kategori sangat baik dengan persentase sebesar 18.75% (3 orang). Sedangkan berdasarkan nilai rata-rata, yaitu sebesar 250.0 profil kondisi fisik pemain futsal Pelatihan Daerah Pekan Olahraga Provinsi Kabupaten Klaten tahun 2013 masuk dalam kategori cukup baik.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Olahraga
Olahraga > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Olahraga > Pendidikan Jasmani, Kesehatan, dan Rekreasi
Depositing User: Admin Pendidikan Olahraga FIK
Date Deposited: 15 Apr 2015 06:45
Last Modified: 29 Jan 2019 21:07
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/16614

Actions (login required)

View Item View Item