PENGARUH LATIHAN CIRCUIT TRAINING TERHADAP PENINGKATAN KONDISI FISIK SISWA PESERTA EKSTRAKURIKULER SEPAKBOLA DI SMP NEGERI 1 SUMBANG KECAMATAN SUMBANG KABUPATEN BANYUMAS

Pradana Kurniawan, Anggy Pradana Kurniawan (2013) PENGARUH LATIHAN CIRCUIT TRAINING TERHADAP PENINGKATAN KONDISI FISIK SISWA PESERTA EKSTRAKURIKULER SEPAKBOLA DI SMP NEGERI 1 SUMBANG KECAMATAN SUMBANG KABUPATEN BANYUMAS. S1 thesis, UNY.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI ANGGY.pdf

Download (62MB) | Preview

Abstract

Kondisi fisik merupakan salah satu aspek penting yang membantu pemain untuk mengembangkan teknik, taktik, strategi dan mental bermain sepakbola. Jika kondisi fisik pemain sepakbola baik maka aspek teknik, taktik, strategi dan mental bermainnya pun ikut baik. Namun, kondisi fisik yang baik tidak terdapat pada siswa peserta ekstrakurikuler sepakbola di SMP N 1 Sumbang. Kondisi fisik siswa peserta ekstrakurikuler sepakbola di SMP N 1 Sumbang termasuk dalam kategori rendah, padahal kondisi fisik yang baik mutlak dibutuhkan oleh pemain sepakbola untuk mngembangkan teknik, takti, mental, dan strategi saat bertanding. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh latihan circuit training terhadap peningkatan kondisi fisik siswa peserta ekstrakurikuler sepakbola di SMP Negeri 1 Sumbang. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu dengan metode penelitian one group pretest-posttest design. Subjek penelitian ini adalah siswa peserta ekstrakurikuler sepakbola di SMP Negeri 1 Sumbang, Kecamatan Sumbang, Kabupaten Banyumas yang berjumlah 20 anak. Instrument yang digunakan adalah tes vertical jump, tes sit and reach, tes kekuatan otot tungkai, tes lari 40 meter, tes Illinois agility run, tes menangkap penggaris, tes strock stand, tes koordinasi, tes daya tahan otot perut, tes lari 2400 meter (Widiastuti, 2011). Teknik analisis data menggunakan uji-t pada taraf signifikan 5%. Hasil penelitian pengaruh latihan circuit training terhadap peningkatan kondisi fisik siswa peserta ekstrakurikuler sepakbola di SMP N 1 Sumbang, Kecamatan Sumbang, Kabupaten Banyumas adalah diperoleh nilai t hitung (6,956) > t tabel (1,729), dan nilai p < dari 0,05. Hasil tersebut diartikan hipotesis diterima, sehingga hipotesisnya menyatakan, ada pengaruh latihan circuit training terhadap peningkatan kondisi fisik siswa peserta ekstrakurikuler sepakbola di SMP Negeri 1 Sumbang, Kecamatan Sumbang, Kabupaten Banyumas.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Olahraga
Olahraga > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan (FIKK) > Pendidikan Olahraga > Pendidikan Jasmani, Kesehatan Dan Rekreasi (PJKR)
Depositing User: Admin Pendidikan Olahraga FIK
Date Deposited: 15 Apr 2015 06:41
Last Modified: 29 Jan 2019 21:07
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/16610

Actions (login required)

View Item View Item