UPAYA MENINGKATKAN KEDISIPLINAN SISWA KELAS X SMANEGERI 1 WATES DALAM MENGIKUTI PEMBELAJARAN PENJASORKES MELALUI REINFORCEMENT (PENGUATAN)

Basti Nursetya, Sikha Basti Nursetya (2013) UPAYA MENINGKATKAN KEDISIPLINAN SISWA KELAS X SMANEGERI 1 WATES DALAM MENGIKUTI PEMBELAJARAN PENJASORKES MELALUI REINFORCEMENT (PENGUATAN). S1 thesis, UNY.

[img]
Preview
Text
SIKHA BASTI NURSETYA_09601241014.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini adalah kurangnya tingkat kedisiplinan siswa kelas X D SMA Negeri 1 Wates dalam mengikuti pembelajaran penjasorkes. Sehingga, penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kedisiplinan siswa kelas X D dalam mengikuti pembelajaran penjasorkes melalui reinforcement (penguatan). Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang berlangsung dua siklus, setiap siklus terdiri dari dua kali pertemuan. Subyek penelitian adalah siswa kelas X D SMA Negeri 1 Wates yang berjumlah 32 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan wawancara kepada guru. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa kelas X D mengalami peningkatan kedisiplinan secara signifikan setelah diberi tindakan oleh guru kolaborator. Pada siklus I pertemuan pertama tingkat kedisiplinan hanya 35,9%, kemudian pada siklus I pertemuan kedua kedisiplinan berada di 67,1%. Setelah siklus I berakhir ternyata kedisiplinan belum memenuhi KKM. Penelitian dikatakan berhasil jika tingkat kedisiplinan sudah berada pada 80%. Dilanjutkan pada siklus II pertemuan pertama, kedisiplinan sudah mencapai angka 71,8%. Kemudian pada siklus II pertemuan kedua kedisiplinan mencapai 85,%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa kedisiplinan siswa dalam mengikuti pembelajaran penjasorkes dapat ditingkatkan melalui reinforcement (penguatan).

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Olahraga
Olahraga > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Olahraga > Pendidikan Jasmani, Kesehatan, dan Rekreasi
Depositing User: Admin Pendidikan Olahraga FIK
Date Deposited: 15 Apr 2015 06:30
Last Modified: 29 Jan 2019 21:07
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/16605

Actions (login required)

View Item View Item