UPAYA PENINGKATAN MOTIVASI PEMBELAJARAN LARI JARAK PENDEK DENGAN PEMBERIAN METODE BERMAIN PADA SISWA KELAS VII C SMP NEGERI 7 KLATEN JAWA TENGAH

Korniawan Aditama, Oky Korniawan Aditama (2013) UPAYA PENINGKATAN MOTIVASI PEMBELAJARAN LARI JARAK PENDEK DENGAN PEMBERIAN METODE BERMAIN PADA SISWA KELAS VII C SMP NEGERI 7 KLATEN JAWA TENGAH. S1 thesis, UNY.

[img]
Preview
Text
Oky Korniawan Aditama_09601244001.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Pembelajaran lari jarak pendek di SMP N 7 Klaten yang monoton membuat siswa-siswi merasa bosan sehingga proses dan pencapaian hasil pembelajaran kurang optimal. Penelitian ini bertujuan: (1) untuk meningkatkan motivasi siswa kelas VII C SMP N 2 Klaten dalam mengikuti pembelajaran lari jarak pendek, (2) untuk memperbaiki motivasi pembelajaran yang telah dilakukan sebelumnya sehingga hasil belajar siswa meningkat. Penelitian ini merupakan Penelitian Remidial teaching. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kels VII C SMP N 7 Klaten yang berjumlah 39 siswa dengan rincian siswa putra sebanyak 21 anak dan siswa putri sebanyak 18 anak. Teknik pengambilan data menggunakan lembar observasi untuk mengetahui minat siswa , angket motivasi, dan lembar unjuk kerja siswa. Hasil penelitian menunjukan bahwa skor rata-rata kelas dari aspek minat adalah 76,35 sehingga rata-rata minat siswa sudah melebihi 70, dengan demikian minat siswa mengalami peningkatan. Aspek unjuk kerja siswa menunjukkan nilai rata-rata 72,95, hal ini menunjukkan bahwa nilai siswa telah mencapai ketuntasan minimal yaitu 70, sehingga target 70% siswa tuntas sudah terpenuhi. Berdasarkan angket motivasi menunjukkan bahwa 64,1% anak memiliki motivasi yang baik.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Olahraga
Olahraga > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Olahraga > Pendidikan Jasmani, Kesehatan, dan Rekreasi
Depositing User: Admin Pendidikan Olahraga FIK
Date Deposited: 15 Apr 2015 06:18
Last Modified: 29 Jan 2019 21:07
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/16603

Actions (login required)

View Item View Item