KOMPETENSI GURU PENDIDIKAN JASMANI OLAHRAGA DAN KESEHATAN YANG BERSERTIFIKAT PENDIDIK DI SMP KOTA YOGYAKARTA

Aulia Fitriani, Nurul Aulia Fitriani (2013) KOMPETENSI GURU PENDIDIKAN JASMANI OLAHRAGA DAN KESEHATAN YANG BERSERTIFIKAT PENDIDIK DI SMP KOTA YOGYAKARTA. S1 thesis, uny.

[img]
Preview
Text
NURUL.pdf

Download (10MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan untuk mengetahui seberapa besar kompetensi guru penjasorkes yang bersertifikat pendidik di SMP Kota Yogyakarta. Program sertifikasi guru, diharapkan berdampak meningkatnya kualitas dan kesejahteraan guru serta tidak ada lagi guru yang mengalami kendala dalam menjalankan tugas keprofesionalnnya. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan satu variabel tanpa membuat perbandingan atau menghubungkan dengan variabel lain, dengan metode survei, instrumen berupa angket. Analisis data menggunakan metode statistik deskriptif kuantitatif persentase. Dalam penelitian ini guru penjasorkes sebagai obyek, sedangkan subyeknya adalah 17 kepala sekolah, 18 wakil kepala sekolah, 72 guru non-penjasorkes dan 90 peserta didik yang tersebar di 19 SMP Kota Yogyakarta. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru penjasorkes yang bersertifikat pendidik menurut kepala sekolah menilai sebesar 100% memiliki kompetensi yang tinggi, menurut wakil kepala sekolah menilai sebesar 88,9% memiliki kompetensi yang tinggi, 11,1% berkompetensi sedang, menurut guru non-penjasorkes mengatakan 72,2% memiliki kompetensi tinggi, 27,8% berkompetensi sedang dan menurut peserta didik mengatakan kompetensi guru penjasorkes bersertifikat pendidik baik yakni 80,0%, 12,2% berkompetensi cukup baik dan 7,8% berkompetensi kurang baik. Maka dapat disimpulkan bahwa guru penjasorkes yang bersertifikat pendidik di SMP Kota Yogyakarta memiliki kompetensi atau kinerja yang tinggi yang mencakup semua kompetensi guru.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Olahraga
Olahraga > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan (FIKK) > Pendidikan Olahraga > Pendidikan Jasmani, Kesehatan Dan Rekreasi (PJKR)
Depositing User: Admin Pendidikan Olahraga FIK
Date Deposited: 15 Apr 2015 06:11
Last Modified: 29 Jan 2019 21:07
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/16602

Actions (login required)

View Item View Item