PENERAPAN PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL UNTUK MENINGKATKAN SIKAP DEMOKRASI PADA MATA PELAJARAN IPS SISWA KELAS III SD NEGERI PENDOWOHARJO SLEMAN

Riati, - (2015) PENERAPAN PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL UNTUK MENINGKATKAN SIKAP DEMOKRASI PADA MATA PELAJARAN IPS SISWA KELAS III SD NEGERI PENDOWOHARJO SLEMAN. S1 thesis, PGSD.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI Riati NIM 11108247024.pdf

Download (7MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan sikap demokrasi siswa kelas III melalui penerapan pembelajaran kontekstual. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian ini adalah kelas III yang berjumlah 25 orang. Objek penelitian adalah sikap demokrasi. Teknik pengumpulan datadilakukan dengan menggunakan lembar observasi. Teknik analisis data dilakukan secara deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus dimana setiap siklus terdiri dari 3 kali pertemuan. Hasil penelitian berdasarkan pengamatan yang dilakukakan menunjukkanbahwa penerapan pembelajaran kontekstualpada pembelajaran IPS yang diterapkan dengan tahap konstruktivisme, menemukan, bertanya, masyarakat belajar, pemodelan, refleksi, dan penilaian yang sebenarnya mengalami peningkatan pada kategori baik dalam setiap siklusnya. Berdasarkan hasil pengamatan yang dilakukan oleh dua observer dapat diketahui bahwa skor rata-rata sikap demokrasi siswapada pratindakan sebesar 16%. Kemudian pada siklus I pertemuan pertama 16%, pertemuan kedua 23,2% dan pertemuan ketiga 40% Siklus II pertemuan pertama 58,4%, pertemuan kedua 66,4%, dan pertemuan ketiga 73,6%. Hal tersebut menunjukkan, bahwa penerapan pembelajaran kontekstual pada mata pelajaran IPS, dapat meningkatkan sikap demokrasi siswa di kelas III SD Negeri Pendowoharjo Sleman. Kata kunci : pembelajaran kontekstual, sikap demokrasi, IPS.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Ilmu Sosial > Pendidikan IPS
Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin PGSD FIP
Date Deposited: 16 Apr 2015 05:37
Last Modified: 29 Jan 2019 21:06
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/16585

Actions (login required)

View Item View Item