PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MATERI OPERASI HITUNG PECAHAN DESIMAL MELALUI MODEL ACTIVE LEARNING TIPE INDEX CARD MATCH (ICM) PADA SISWA KELAS V SD NEGERI BROSOT KULON PROGO YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2014/2015

Kusuma1, Septiana Tri (2015) PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MATERI OPERASI HITUNG PECAHAN DESIMAL MELALUI MODEL ACTIVE LEARNING TIPE INDEX CARD MATCH (ICM) PADA SISWA KELAS V SD NEGERI BROSOT KULON PROGO YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2014/2015. S1 thesis, PGSD.

[img]
Preview
Text
Septiana Tri Kusuma_10108244040.pdf

Download (10MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar matematika siswa secara kognitif dan afektif serta proses pembelajaran pada siswa kelas V SD Negeri Brosot Kulon Progo Yogyakarta. Upaya peningkatan hasil belajar tersebut dilakukan dengan menggunakan model Active Learning tipe Index Card Match (ICM). Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas kolaboratif dengan subjek penelitian guru dan siswa kelas V SD Negeri Brosot sejumlah 22 siswa. Objek penelitian adalah hasil belajar matematika melalui model Active Learning tipe Index Card Match pada materi operasi hitung pecahan desimal. Penelitian ini dilakukan selama dua siklus, setiap siklus terdiri dari dua pertemuan. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan tes dan observasi. Tes yang digunakan yaitu tes yaitu pre test dan post test. Observasi dilakukan untuk mengamati sikap dan aktivitas siswa serta aktivitas guru selama pembelajaran berlangsung dengan menggunakan pedoman observasi. Teknik analisis data menggunakan analisis statistik kuantitatif dan kualitatif deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar matematika setelah menggunakan model Active Learning tipe Index Card Match sesuai sintaks pada siklus I. Peningkatan kembali terjadi setelah dilakukan modifikasi dengan diskusi, penggunaan reward, dan penambahan aturan kuis pada siklus II. Peningkatan terjadi pada nilai kognitif yaitu dari 70,68 pada pra siklus menjadi 84,95 pada siklus II. Aspek afektif mengalami peningkatan dari 2,47 (baik) pada siklus I menjadi 3,04 (baik) pada siklus II. Penggunaan model Active Learning tipe Index Card Match hingga siklus II diperoleh data > 75% dari seluruh siswa mendapat nilai ≥ 70 sehingga proses pembelajaran matematika dengan menggunakan model Active Learning tipe Index Card Match dipandang dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Kata kunci : model Active Learning, Index Card Match, hasil belajar

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika
Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin PGSD FIP
Date Deposited: 16 Apr 2015 05:36
Last Modified: 29 Jan 2019 21:05
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/16571

Actions (login required)

View Item View Item