PENINGKATAN KEMAMPUAN MENGAMATI DAN HASIL BELAJAR ILMU PENGETAHUAN ALAM MELALUI METODE GUIDED DISCOVERY SISWA KELAS V SD NEGERI KEPUHAN, SEWON

Anifah, Nur (2015) PENINGKATAN KEMAMPUAN MENGAMATI DAN HASIL BELAJAR ILMU PENGETAHUAN ALAM MELALUI METODE GUIDED DISCOVERY SISWA KELAS V SD NEGERI KEPUHAN, SEWON. S1 thesis, PGSD.

[img]
Preview
Text
Nur Anifah_10108244029.pdf

Download (7MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan mengamati dan hasil belajar IPA pada siswa kelas V SD Negeri Kepuhan, Sewon, Bantul, Yogyakarta Tahun Ajaran 2014/2015 dengan menggunakan metode Guided Discovery. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang bersifat kolaboratif dengan subyek penelitian siswa kelas V SD Negeri Kepuhan, Sewon, Bantul sejumlah 18 siswa. Objek penelitian adalah kemampuan mengamati dan hasil belajar IPA melalui metode Guided Discovery pada materi siklus air. Penelitian ini terdiri atas dua siklus, setiap siklus terdiri dari dua pertemuan. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi dan penilaian tes hasil belajar siswa. Observasi dilakukan untuk mengamati aktivitas siswa dan aktivitas guru selama pembelajaran berlangsung dengan menggunakan pedoman observasi. Penilaian tes hasil belajar menggunakan tes yaitu soal tes pada pertemuan terakhir di setiap siklus. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptifkuantitatif dan deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan kemampuan mengamati siswa. Aspek penilaian kemampuan mengamati pada pra siklus diperoleh rata-rata skor 60,37, pada siklus I menjadi 71,45 dan pada siklus II meningkat lagi menjadi 84,17. Aspek hasil belajar IPA siswa pada pra tindakan mempunyai rata-rata 70,68, pada siklus I meningkat menjadi 78,02, kemudian pada siklus II meningkat lagi menjadi 86,47. Penggunaan metode Guided Discovery hingga siklus II diperoleh data >75% dari seluruh siswa mampu mendapat nilai ≥75 untuk kemampuan mengamati dan seluruh siswa (100%) mendapat nilai tes hasil belajar ≥75 saat siklus II, sehingga proses pembelajaran dengan menggunakan metode Guided Discovery dinyatakan memenuhi kriterian keberhasilan. Kata kunci : metode Guided Discovery, kemampuan mengamati, hasil belajar

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin PGSD FIP
Date Deposited: 16 Apr 2015 05:36
Last Modified: 29 Jan 2019 21:05
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/16569

Actions (login required)

View Item View Item