PARTISIPASI ORANG TUA SISWA DALAM MENUMBUHKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS VI SD N PANGGANG KECAMATAN SEDAYU KABUPATEN BANTUL TAHUN PELAJARAN 2014/2015

Rahayu, Lina Puspitaning (2015) PARTISIPASI ORANG TUA SISWA DALAM MENUMBUHKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS VI SD N PANGGANG KECAMATAN SEDAYU KABUPATEN BANTUL TAHUN PELAJARAN 2014/2015. S1 thesis, PGSD.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI_11108241066_LINA PUSPITANING RAHAYU.pdf

Download (6MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan partisipasi orang tua siswa, bentuk-bentuk partisipasi orang tua siswa dalam menumbuhkan motivasi belajar siswa kelas VI SD N Panggang, serta hambatan yang dialami dalam pelaksanaan partisipasi orang tua siswa kelas VI SD N Panggang, Kecamatan Sedayu, Kabupaten Bantul tahun pelajaran 2014/2015. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah orang tua siswa kelas VI, guru kelas VI, dan siswa kelas VI. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi, dan studi dokumentasi. Data dianalisis dengan menggunakan langkah-langkah reduksi data, display data, dan penarikan kesimpulan. Teknik pemeriksaan keabsahan data dengan menggunakan triangulasi teknik dan sumber. Hasil penelitian menunjukkan bahwa partisipasi orang tua siswa kelas VI dalam menumbuhkan motivasi belajar siswa kelas VI diwadahi dalam kegiatan paguyuban orang tua. Kegiatan paguyuban membahas tentang perkembangan belajar siswa serta keuangan yang dialokasikan untuk membeli sarana prasarana di kelas, kegiatan sosial, serta untuk kegiatan akhir tahun kelas VI. Bentuk partisipasi fisik yang diberikan oleh orang tua siswa kelas VI dalam menumbuhkan motivasi belajar siswa kelas VI berupa iuran setiap bulan yang alokasikan untuk pengadaan sarana prasarana belajar di kelas, untuk kegiatan sosial, serta untuk acara akhir tahun kelas VI. Bentuk partisipasi nonfisik yang diberikan oleh orang tua siswa kelas VI dalam menumbuhkan motivasi belajar siswa kelas VI berupa dukungan belajar, kehadiran dalam kegiatan paguyuban, pemberian ide dan saran, serta komunikasi antara orang tua dan sekolah dalam rangka peningkatan belajar siswa. Bentuk-bentuk partisipsi fisik dan nonfisik tersebut merupakan contoh motivasi ekstrinsik yang dibutuhkan siswa dalam kegiatan belajar mengajar. Adanya motivasi ekstrinsik ini diharapkan lambat laun timbul kesadaran dalam diri siswa sehingga menjadi motivasi intrinsik yang merangsang semangat siswa dalam belajar. Hambatan yang dialami dalam kegiatan paguyuban adalah beberapa orang tua terkadang sibuk dengan pekerjaannya sehingga pada bulan tertentu tidak dapat hadir dalam kegiatan paguyuban. Kata kunci: partisipasi orang tua siswa, motivasi belajar

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Aspek Pendidikan
Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin PGSD FIP
Date Deposited: 16 Apr 2015 05:37
Last Modified: 29 Jan 2019 21:05
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/16566

Actions (login required)

View Item View Item