PEMBELAJARAN MATEMATIKA REALISTIK UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SUB POKOK BAHASAN PERBANDINGAN DAN SKALA PADA SISWA KELAS V SD NEGERI MAJIR KECAMATAN KUTOARJO

Nurtika, Tryani (2015) PEMBELAJARAN MATEMATIKA REALISTIK UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SUB POKOK BAHASAN PERBANDINGAN DAN SKALA PADA SISWA KELAS V SD NEGERI MAJIR KECAMATAN KUTOARJO. S1 thesis, PGSD.

[img]
Preview
Text
TRYANI NUTIKA_ 07108248142.pdf

Download (23MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan prestasi belajar matematika menggunakan metode pembelajaran matematika realistik pada siswa kelas V SD N Majir. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas {PTK). Desain penelitian ini menggunakan model spiral. Penelitian ini terdiri atas 4 langkah yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, pengamatan, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V SD N Majir yang berjumlah 32 anak. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus. Pelaksanaan tiap siklus dilakukan dengan menggunakan metode pembelajaran matematika realistik dalam pembelajaran matematika materi skala dan perbandingan. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode tes dan observasi. Instrumen penelitian yang digunakan adalah berupa lembar soal uraian dan lembar observasi siswa dan guru. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini dilakukan dengan teknik analisis data kualitatif dan analisis data kuantitatif. Analisis data kuantitatif dilakukan dengan menghitung persentase ketuntasan belajar siswa. Analisi data kualitatif dilakukan dengan mendeskripsikan kegiatan aktivitas siswa dan guru. Hasil penelitian menunjukkan bahwa prestasi belajar siswa mengalami peningkatan. Sebelum adanya tindakan, siswa yang tuntas hanya 11 anak atau sebesar 34,37 %, pada siklus I jumlah siswa yang tuntas meningkat menjadi 19 anak atau sebesar 59,38% dan pada siklus II menunjukkan bahwa 32 anak secara 100% sudah memenuhi KKM. Untuk aktivitas belajar siswa pada siklus I diperoleh persentase sebesar 60,46% dan pada siklus II meningkat menjadi 82,18%. Kata Kunci: perbandingan dan skala, metode pembelajaran matematika realistik, SD N Majir

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika
Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin PGSD FIP
Date Deposited: 16 Apr 2015 05:37
Last Modified: 29 Jan 2019 21:05
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/16558

Actions (login required)

View Item View Item