PERANAN CSR DALAM MENINGKATKAN KESEJAHTERAAN PETANI TEH PT PAGILARAN UNIT PABRIK TEH KALIBOJA

Astuti, Tuti (2013) PERANAN CSR DALAM MENINGKATKAN KESEJAHTERAAN PETANI TEH PT PAGILARAN UNIT PABRIK TEH KALIBOJA. S1 thesis, Fakultas Ekonomi.

[img]
Preview
Text
skripsi.pdf

Download (128MB) | Preview

Abstract

PERANAN CSR DALAM MENINGKATKAN KESEJAHTERAAN PETANI TEH PT PAGILARAN UNIT PABRIK TEH KALIBOJA Astuti astuti.shadien@yahoo.com Andian Ari Istiningrum ABSTRAK Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif yang dilakukan di PT Pagilaran Unit Pabrik Teh Kaliboja. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana peran Corporate Social Responsibility dalam meningkatkan kesejahteraan petani teh melalui bentuk CSR yang dijalankan, implementasi dan permasalahan yang dihadapi. Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah Purposive Sampling, yang di mana pengambilan sampel dengan kriteria tertentu. Kriteria untuk pegawai diantaranya: masa kerja selama 2 tahun atau lebih, masih berstatus aktif diperusahaan, mengetahui tentang keberadaan CSR. Kriteria untuk petani teh diantaranya: menjalin kerja sama dengan perusahaan selama 2 tahun atau lebih, mewakili setiap wilayah perkebunan, terlibat dalam program CSR perusahaan, mampu membaca dan menulis. Pegawai dan petani teh yang memenuhi kriteria tersebut dan dapat dijadikan sampel sebanyak 23 pegawai dan 75 petani teh. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, kuesioner dan dokumentasi. Uji coba kuesioner dilakukan pada 23 pegawai dan 30 petani teh yang memiliki kriteria sama dengan yang telah ditetapkan dan merupakan responden yang diambil di luar dari sampel. Uji coba kuesioner menggunakan uji validitas dengan menggunakan metode korelasi product moment pearson dan uji reliabilitas dengan menggunakan metode Cronbach’s Alpha. Analisis data menggunakan statistik deskriptif. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa (1) tingkat kesejahteraan petani teh memiliki hasil perhitungan distribusi kecenderungan frekuensi dengan kategori baik dan berdasarkan analisis data tingkat kesejahteraan petani teh yaitu dengan frekuensi absolut sebesar 70 (93,3%) (2) bentuk CSR memiliki hasil perhitungan distribusi kecenderungan frekuensi dengan kategori baik dan berdasarkan analisis data bentuk CSR yaitu dengan frekuensi absolut sebesar 23 (100%) (3) implementasi CSR memiliki hasil perhitungan distribusi kecenderungan frekuensi dengan kategori cukup baik dan berdasarkan analisis data implementasi CSR yaitu dengan frekuensi absolut sebesar 12 (52,2%) (4) permasalahan dalam implementasi CSR memiliki hasil perhitungan distribusi kecenderungan frekuensi dengan kategori tinggi dan berdasarkan analisis data permasalahan dalam implementasi CSR yaitu dengan frekuensi absolut sebesar 15 (65,2%). Kata kunci: Corporate Social Responsibility, Kesejahteraan

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Ilmu Sosial > Ekonomi > Akuntansi
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Pendidikan Akuntansi
Depositing User: Admin Akuntansi FE
Date Deposited: 17 Apr 2015 00:33
Last Modified: 29 Jan 2019 21:05
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/16557

Actions (login required)

View Item View Item