PENERAPAN METODE SIMULASI UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS V SDN WUNUT, TULUNG, KLATEN

Kusnianingsih, Lilik (2015) PENERAPAN METODE SIMULASI UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS V SDN WUNUT, TULUNG, KLATEN. S1 thesis, PGSD.

[img]
Preview
Text
Lilik Kusnianingsih_ 11108247005.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas dan hasil belajar IPS menggunakan metode simulasi pada siswa kelas V SDN Wunut, Tulung, Klaten. Jenis penelitian adalah penelitian tindakan kelas dengan desain mengadopsi dari Stephen Kemmis dan Mc. Taggart. Subjek penelitian adalah siswa kelas V sejumlah 27 orang. Penelitian dilakukan dalam dua siklus terdiri dari perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Tehnik pengumpulan data menggunakan observasi, tes dan dokumentasi. Data analisis secara deskriptif-naratif sebagai ukuran keberhasilan proses perbaikan pembelajaran. Penerapan metode simulasi melalui tiga tahapan yaitu tahap persiapan,tahap pelaksanaan/tindakan simulasi,dan tahap penutup/evaluasi dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas V. Dengan penerapan metode simulasi siswa yang berpartisipasi aktif maupun siswa yang pengamat aktif dapat mengembangkan imajinasi, membentuk kekompakan kelompok, siswa tidak malu dan ragu untuk mengembangkan potensi. Meningkatnya hasil belajar dapat dibuktikan dengan peningkatan kualitas pada ranah kognitif dari tes sebelum tindakan sebesar 65.59 meningkat menjadi 70.15 pada siklus I, kemudian pada siklus II meningkat lagi menjadi 70.48. Sedangkan pada ranah afektif dari siklus I 67 meningkat menjadi 77 pada siklus II. Kata kunci: metode simulasi, hasil belajar IPS, siswa SD

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Ilmu Sosial > Pendidikan IPS
Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin PGSD FIP
Date Deposited: 16 Apr 2015 05:36
Last Modified: 29 Jan 2019 21:05
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/16555

Actions (login required)

View Item View Item