TOKEN ECONOMY SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN KEDISIPLINAN SISWA PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA KELAS 2 SD BATURETNO

S., Nimas Rahmawati (2015) TOKEN ECONOMY SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN KEDISIPLINAN SISWA PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA KELAS 2 SD BATURETNO. S1 thesis, PGSD.

[img]
Preview
Text
Nimas Rahmawati S..pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kedisiplinan siswa melalui metode Token Economy pada siswa kelas II SD Baturetno Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan oleh guru sebagai peneliti dengan menggunakan pendekatan kuantitatif. Desain dalam penelitian ini menggunakan model Kemmis dan Taggart yang terdiri dari 2 siklus. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas IIB SD Baturetno, Kecamatan Banguntapan, Kabupaten Bantul sebanyak 25 siswa yang terdiri dari 9 siswa laki-laki dan 16 siswa perempuan. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi, catatan lapangan, dan metode dokumentasi. Indikator keberhasilan siswa ditandai dengan meningkatnya kedisplinan siswa mencapai minimal 76% (berkategori baik) dan menunjukkan perilaku yang ditargetkan yaitu siswa tidak terlambat masuk sekolah, dan mendengarkan penjelasan guru Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penggunaan metode token economy dapat meningkatkan kedisiplinan siswa. Meningkatnya kualitas proses pembelajaran ditandai dengan meningkatnya kedisiplinan siswa. Hasil nilai rata-rata kedisiplinan siswa pada kondisi awal sebesar 60,5% (berkategori cukup). Nilai rata-rata pada siklus I meningkat 5,75% (kondisi awal 60,5% menjadi 66,25% dengan kategori cukup) dan pada siklus II meningkat 21,75% (kondisi awal 60,5% menjadi 82,25% dengan kategori baik). Kata Kunci : token economy, kedisiplinan siswa

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika
Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin PGSD FIP
Date Deposited: 16 Apr 2015 05:37
Last Modified: 29 Jan 2019 21:04
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/16551

Actions (login required)

View Item View Item