PENGARUH MOTIVASI BELAJAR DAN LINGKUNGAN KELUARGA TERHADAP PRESTASI BELAJAR AKUNTANSI KEUANGAN SISWA KELAS XI AKUNTANSI SMK YPKK 3 SLEMAN TAHUN AJARAN 2012/2013

Listiana Nani, Nani (2013) PENGARUH MOTIVASI BELAJAR DAN LINGKUNGAN KELUARGA TERHADAP PRESTASI BELAJAR AKUNTANSI KEUANGAN SISWA KELAS XI AKUNTANSI SMK YPKK 3 SLEMAN TAHUN AJARAN 2012/2013. S1 thesis, Fakultas Ekonomi.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI_NANI LISTIANA_09403244040.pdf

Download (16MB) | Preview

Abstract

PENGARUH MOTIVASI BELAJAR DAN LINGKUNGAN KELUARGA TERHADAP PRESTASI BELAJAR AKUNTANSI KEUANGAN SISWA KELAS XI AKUNTANSI SMK YPKK 3 SLEMAN TAHUN AJARAN 2012/2013 Oleh: NANI LISTIANA 09403244040 ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh: 1) Motivasi Belajar terhadap Prestasi Belajar Akuntansi Keuangan siswa kelas XI Akuntansi SMK YPKK 3 Sleman Tahun Ajaran 2012/2013. 2) Lingkungan Keluarga terhadap Prestasi Belajar Akuntansi Keuangan siswa kelas XI Akuntansi SMK YPKK 3 Sleman Tahun Ajaran 2012/2013. 3) Motivasi Belajar dan Lingkungan Keluarga secara bersama-sama terhadap Prestasi Belajar Akuntansi Keuangan siswa kelas XI Akuntansi SMK YPKK 3 Sleman Tahun Ajaran 2012/2013. Subjek dari penelitian ini adalah siswa kelas XI Akuntansi SMK YPKK 3 Sleman sejumlah 49 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan metode observasi, dokumentasi dan angket/kuisioner. Metode observasi untuk mengungkap variabel Lingkungan Keluarga, metode dokumentasi untuk mengungkap data Prestasi Belajar Akuntansi Keuangan, metode angket digunakan untuk mengungkap variabel Motivasi Belajar dan Lingkungan Keluarga. Uji coba instrumen dilaksanakan di SMK YPKK 1 Sleman dengan N= 40. Uji validitas instrumen menggunakan korelasi Product Moment, dan uji reliabilitas menggunakan rumus Alpha Cronbach’s. Uji prasyarat analisis terdiri dari uji linieritas dan uji multikolinieritas. Analisis data yang digunakan adalah teknis analisis regresi sederhana untuk hipotesis pertama (X1 – Y) dan hipotesis kedua (X2 – Y) serta analisis regresi ganda untuk hipotesis ketiga (X1 X2 – Y). Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) terdapat pengaruh positif dan signifikan Motivasi Belajar terhadap Prestasi Belajar Akuntansi Keuangan siswa kelas XI Akuntansi SMK YPKK 3 Sleman tahun ajaran 2012/2013, dengan rx1y = 0,808; r2x1y = 0,652; dan thitung sebesar 9,386 lebih besar dari ttabel sebesar 2,021. 2) terdapat pengaruh positif dan signifikan Lingkungan Keluarga terhadap Prestasi Belajar Akuntansi Keuangan siswa kelas XI Akuntansi SMK YPKK 3 Sleman tahun ajaran 2012/2013, dengan rx2y = 0,488; r2x2y = 0,238; dan thitung sebesar 3,832 lebih besar dari ttabel sebesar 2,021. 3) terdapat pengaruh positif dan signifikan Motivasi Belajar dan Lingkungan Keluarga secara bersama-sama terhadap Prestasi Belajar Akuntansi Keuangan siswa kelas XI Akuntansi SMK YPKK 3 Sleman tahun ajaran 2012/2013, dengan Ry(1,2) = 0,838; R2y(1,2) = 0,703; dan Fhitung sebesar 54,436 lebih besar dari Ftabel sebesar 3,20. Penelitian ini menunjukkan besarnya sumbangan relatif dari variabel Motivasi Belajar sebesar 83,35% dan variabel Lingkungan Keluarga sebesar 16,65%. Sumbangan efektif variabel Motivasi Belajar dan Lingkungan Keluarga terhadap Prestasi Belajar Akuntansi Keuangan sebesar 70,30% di mana sumbangan variabel Motivasi Belajar sebesar 58,60% dan sumbangan variabel Lingkungan Keluarga sebesar 11,70%. Berdasarkan hasil di atas maka dapat disimpulkan bahwa keseluruhan hasil analisis ini mendukung hipotesis yang diajukan.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Ilmu Sosial > Ekonomi > Akuntansi
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Pendidikan Akuntansi
Depositing User: Admin Akuntansi FE
Date Deposited: 17 Apr 2015 00:33
Last Modified: 29 Jan 2019 21:04
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/16549

Actions (login required)

View Item View Item