Mahardika Yudha, Yudha (2013) UPAYA PENINGKATAN AKTIVITAS BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS X AKUNTANSI 3 DENGAN MODEL ACTIVE LEARNING TEKNIK GUIDED TEACHING DAN KEEP ON LEARNING DI SMK N 1 GODEAN TAHUN AJARAN 2012/2013. S1 thesis, Fakultas Ekonomi.
|
Text
SKRIPSI FIX.pdf Download (10MB) | Preview |
Abstract
UPAYA PENINGKATAN AKTIVITAS BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS X AKUNTANSI 3 DENGAN MODEL ACTIVE LEARNING TEKNIK GUIDED TEACHING DAN KEEP ON LEARNING DI SMK N 1 GODEAN TAHUN AJARAN 2012/2013 Oleh: YUDHA MAHARDIKA 09403241047 ABSTRAK Penelitian ini dilakukan berdasarkan permasalahan yang ditemukan selama proses pembelajaran yaitu kurangnya Aktivitas Belajar Peserta Didik. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan Aktivitas Belajar Peserta Didik melalui Model Active Learning Teknik Guided Teaching dan Keep on Learning . Model pembelajaran dengan Teknik Guided Teaching dan Keep on Learning adalah model pembelajaran yang melibatkan siswa untuk berpartisipasi aktif selama proses pembelajaran dimulai dengan menjawab pertanyaan, ceramah interaktif, merangkum materi pelajaran dan presentasi. Metode penelitian ini yaitu Penelitian Tindakan Kelas yang dilakukan dalam dua siklus. Tiap siklus terdiri dari empat rencana tindakan yaitu: perencanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi. Materi yang dipilih yaitu transaksi keuangan di perusahaan dagang dengan Model Active Learning Teknik Guided Teaching dan Keep on Learning . Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas X Akuntansi 3 SMK Negeri 1 Godean Tahun Ajaran 2012/2013 yang berjumlah 32 orang. Pengumpulan data dalam penelitian ini melalui observasi partisipatif, dokumentasi dan catatan lapangan. Instrumen yang digunakan yaitu lembar observasi, dokumentasi, dan catatan lapangan. Analisis data yang digunakan yaitu Analisis data deskriptif kuantitatif dengan presentase. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa Model Active Learning Teknik Guided Teaching dan Keep on Learning dapat meningkatkan Aktivitas Belajar Peserta Didik kelas X Akuntansi 3 SMK Negeri 1 Godean Tahun Ajaran 2012/2013. Peningkatan ini terlihat dari kenaikan Jumlah rata-rata peserta didik yang aktif dalam Pembelajaran Akuntansi di kelas. Peningkatan tersebut dapat dilihat dari presentase rata-rata aspek Keaktifan Visual siswa pada siklus I adalah 68,75% dan siklus II naik menjadi 98,43%. Rata-rata aspek Keaktifan Lisan siswa pada siklus I adalah 70,31% dan siklus II naik menjadi 89,84%. Rata-rata aspek Keaktifan Menulis siswa pada siklus I adalah 87,5% dan siklus II naik menjadi 95,83%. Rata-rata Keaktifan Belajar Siswa ketiga aspek tersebut pada siklus I menunjukkan 75,52% siswa telah aktif dan pada siklus II naik menjadi 94,70% dengan memperoleh peningkatan sebesar 19,18%. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa penerapan Model Active Learning Teknik Guided Teaching dan Keep on Learning dapat Meningkatkan Aktivitas Belajar Peserta Didik. Kata kunci: Guided Teaching dan Keep on Learning, Aktivitas Belajar Peserta Didik
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | Ilmu Sosial > Ekonomi > Akuntansi |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Pendidikan Akuntansi |
Depositing User: | Admin Akuntansi FE |
Date Deposited: | 17 Apr 2015 00:33 |
Last Modified: | 29 Jan 2019 21:04 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/16542 |
Actions (login required)
View Item |