KORELASI ANTARA PENGUASAAN MATERI TEKNIK TARI I DAN PRESTASI BELAJAR TARI KLASIK GAYA YOGYAKARTA I MAHASISWA PENDIDIKAN SENI TARI KELAS L DAN M ANGKATAN 2013 FAKULTAS BAHASA DAN SENI UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA

Anindita, Apsari (2014) KORELASI ANTARA PENGUASAAN MATERI TEKNIK TARI I DAN PRESTASI BELAJAR TARI KLASIK GAYA YOGYAKARTA I MAHASISWA PENDIDIKAN SENI TARI KELAS L DAN M ANGKATAN 2013 FAKULTAS BAHASA DAN SENI UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Apsari Anindita 10209244015.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan menguji ada tidaknya korelasi antara variabel penguasaan materi Teknik Tari I dengan variabel prestasi belajar Tari Klasik Gaya Yogyakarta I. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif untuk menguji korelasi antara dua variabel. Penguasaan materi Teknik Tari I merupakan variabel bebas, sedangkan prestasi belajar Tari Klasik Gaya Yogyakarta I merupakan variabel terikat. Pengumpulan data penguasaan materi Teknik Tari I menggunakan dokumentasi dari dosen pengampu, sedangkan pengumpulan data prestasi belajar Tari Klasik Gaya Yogyakrta I menggunakan performance test dengan pedoman penilaian skala 4. Untuk menguji instrumen prestasi belajar, menggunakan validitas isi. Uji reliabilitas instrumen prestasi belajar menggunakan inter rater validity dengan rumus Spearman’s Rho. Uji persyaratan analisis yaitu uji normalitas, variabel penguasaan materi diperoleh 0,217 ≥ 0,05 dan variabel prestasi belajar 0,105≥0,05. Uji linearitas data untuk mengetahui data pada garis linear. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik Korelasi Product Moment dari Pearson dengan sampel 24 mahasiswa Jurusan Pendidikan Seni Tari FBS UNY. Penelitian menghasilkan nilai rhitung sebesar 0,643, sedangkan nilai rtabel yang di peroleh dari dengan mencari N=24 dan taraf signifikansi 5% sehingga didapat rtabel sebesar 0,404. Dengan demikian, dapat dianalisis bahwa rhitung lebih besar dari rtabel (rhitung≥rtabel), yaitu 0,643 ≥ 0,404 dengan taraf signifikansi 5%. Melalui hasil yang diperoleh dari perhitungan tersebut, dapat diketahui bahwa korelasi antara variabel penguasaan materi (X) dengan variabel prestasi belajar (Y) adalah positif dan signifikan. Artinya hubungan antara kedua variabel tersebut memiliki makna. Yaitu jika Penguasaan materi Teknik Tari I yang didapat mahasiswa baik dan tinggi, maka saat ujian prestasi belajar Tari Klasik Gaya Yogyakarta I akan semakin baik dan tinggi pula begitupun sebaliknya.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Korelasi, teknik tari I, tari klasik gaya Yogyakarta I
Subjects: Seni dan Budaya > Seni Tari
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Seni Tari
Depositing User: Admin Pendidikan Seni Tari FBS
Date Deposited: 15 Apr 2015 02:00
Last Modified: 29 Jan 2019 21:04
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/16531

Actions (login required)

View Item View Item