IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TEKNIK TPS (THINK PAIR SHARE) UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR DALAM PEMBELAJARAN AKUNTANSI BILINGUAL SISWA KELAS XI AK 1 SMK NEGERI 1 DEPOK TAHUN AJARAN 2012/2013

Setianingsih Diah, Diah (2013) IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TEKNIK TPS (THINK PAIR SHARE) UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR DALAM PEMBELAJARAN AKUNTANSI BILINGUAL SISWA KELAS XI AK 1 SMK NEGERI 1 DEPOK TAHUN AJARAN 2012/2013. S1 thesis, Fakultas Ekonomi.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI FULL.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TEKNIK TPS (THINK PAIR SHARE) UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR DALAM PEMBELAJARAN AKUNTANSI BILINGUAL SISWA KELAS XI AK 1 SMK NEGERI 1 DEPOK TAHUN AJARAN 2012/2013 Oleh: Diah Setianingsih 09403241008 ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk: 1) meningkatkan Motivasi Belajar dalam pembelajaran Akuntansi bilingual siswa kelas XI AK 1 SMK Negeri 1 Depok Tahun Ajaran 2012/2013 dengan mengimplementasikan Model Pembelajaran Kooperatif Teknik TPS (Think Pair Share) dan 2) mengetahui respon siswa kelas XI AK 1 terhadap implementasi Model Pembelajaran Kooperatif Teknik TPS dalam pelaksanaan pembelajaran Akuntansi bilingual. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas yang dilaksanakan selama dua siklus. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan angket. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini meliputi lembar observasi motivasi belajar, catatan lapangan, angket motivasi belajar, dan angket respon siswa. Analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif. Analisis ini dilakukan dengan cara mengolah skor Motivasi Belajar dan respon siswa, menyajikan data, dan menarik kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian, disimpulkan bahwa: 1) Implementasi Model Pembelajaran Kooperatif Teknik TPS dapat meningkatkan Motivasi Belajar siswa kelas XI AK 1 SMK Negeri 1 Depok tahun ajaran 2012/2013 yang dibuktikan dengan adanya peningkatan skor indikator Motivasi Belajar dan 2) siswa XI AK 1 memberikan respon positif terhadap Implementasi Implementasi Model Pembelajaran Kooperatif Teknik TPS. Pada siklus I, rata-rata persentase skor indikator Motivasi Belajar adalah 78,45% dan pada siklus II menjadi 85,08%. Jika dilihat secara klasikal, hasil analisis data observasi menunjukkan bahwa persentase jumlah siswa yang dikategorikan memiliki Motivasi Belajar tinggi dan sangat tinggi di kelas XI AK 1 adalah 84,37% pada siklus I dan 93,55% pada siklus II. Selain itu, berdasarkan angket yang didistribusikan kepada siswa, terjadi peningkatan rata-rata persentase skor indikator Motivasi Belajar, yaitu 75,41% pada siklus I dan 80,33% pada siklus II. Jika dilihat secara klasikal, persentase jumlah siswa yang dikategorikan memiliki Motivasi Belajar tinggi dan sangat tinggi juga meningkat, yaitu 78,13% pada siklus I dan menjadi 90,32% pada siklus II. Implementasi Model Pembelajaran Kooperatif Teknik TPS mendapatkan respon positif siswa pada pembelajaran Akuntansi bilingual, yang ditunjukkan oleh hasil angket yang disebarkan kepada para siswa di akhir siklus II. Respon positif tersebut menunjukkan bahwa siswa merasakan kelebihan-kelebihan Model Pembelajaran Kooperatif Teknik TPS selama proses pembelajaran berlangsung. Kata Kunci: Think Pair Share, Motivasi Belajar

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Ilmu Sosial > Ekonomi > Akuntansi
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Pendidikan Akuntansi
Depositing User: Admin Akuntansi FE
Date Deposited: 17 Apr 2015 00:33
Last Modified: 29 Jan 2019 21:03
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/16525

Actions (login required)

View Item View Item