PENGARUH EFIKASI DIRI TERHADAP PERILAKU MENYONTEK SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR NEGERI SE-GUGUS II KECAMATAN PAKEM KABUPATEN SLEMAN TAHUN AJARAN 2014/2015

Purwanto, Agus (2015) PENGARUH EFIKASI DIRI TERHADAP PERILAKU MENYONTEK SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR NEGERI SE-GUGUS II KECAMATAN PAKEM KABUPATEN SLEMAN TAHUN AJARAN 2014/2015. S1 thesis, PGSD.

[img]
Preview
Text
Agus Purwanto.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) tingkat efikasi diri yang dimiliki siswa, (2) tingkat perilaku menyontek siswa, dan (3) pengaruh efikasi diri terhadap perilaku menyontek. Penelitian ini merupakan penelitian ex-post facto dengan pendekatan kuantitatif. Subyek penelitian adalah seluruhsiswa keas V SD Negeri se-gugus II Kecamatan Pakem Kabupaten Sleman dengan jumlah 157 siswa. Pengumpulan data menggunakan skala efikasi diri dan skala menyontek yang telah diuji validitas dan reliabilitasnya. Analisis data menggunakan regresi sederhana dengan bantuan program SPSS 16. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) tingkat efikasi diri siswa kelas V SD Negeri se-gugus II Kecamatan Pakem Kabupaten Sleman tahun ajaran 2014/2015 pada umumnya berada pada kategori sedang ditunjukkan dari persentase hasil penelitian, 9% siswa termasuk kategori efikasi diri tinggi, 80% siswa termasuk kategori efikasi diri sedang, dan 11% siswa termasuk kategori efikasi diri rendah, (2) Tingkat perilaku menyontek siswa kelas V SD Negeri se-gugus II Kecamatan Pakem Kabupaten Sleman tahun ajaran 2014/2015 pada umumnya berada pada kategori sedang ditunjukkan dari persentase hasil penelitian yaitu 17% siswa termasuk kategori perilaku menyontek tinggi, 62% siswa termasuk kategori perilaku menyontek sedang, dan 21% siswa termasuk kategori perilaku menyontek rendah, (3) Terdapat pengaruh yang negatif dan signifikan antara efikasi diri terhadap perilaku menyontek siswa kelas V SD Negeri Se-gugus II Kecamatan Pakem, Kabupaten Sleman tahun ajaran 2014/2015. Hal itu terbukti dari nilai koefisien beta yang negatif sebesar -0,216 dan nilai sig = 0,007 < taraf kesalahan 5% = 0,05. Kata Kunci: efikasi diri, perilaku menyontek.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Psikologi Pendidikan dan Bimbingan
Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin PGSD FIP
Date Deposited: 16 Apr 2015 05:37
Last Modified: 29 Jan 2019 21:03
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/16523

Actions (login required)

View Item View Item