PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR AKUNTANSI KELAS XI AKUNTANSI 3 SMK MUHAMMADIYAH WONOSARI TAHUN AJARAN 2012/2013

Saputri Ririn Bhekti, Ririn (2013) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR AKUNTANSI KELAS XI AKUNTANSI 3 SMK MUHAMMADIYAH WONOSARI TAHUN AJARAN 2012/2013. S1 thesis, Fakultas Ekonomi.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI.pdf

Download (7MB) | Preview

Abstract

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR AKUNTANSI KELAS XI AKUNTANSI 3 SMK MUHAMMADIYAH WONOSARI TAHUN AJARAN 2012/2013 Oleh: Ririn Bhekti Saputri 09403244012 ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan Aktivitas Belajar dan Hasil Belajar Akuntansi kelas XI Akuntansi 3 SMK Muhammadiyah Wonosari tahun ajaran 2012/2013 dengan Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Division (STAD). Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) dengan subjek penelitian siswa kelas XI Akuntansi 3 SMK Muhammadiyah Wonosari tahun ajaran 2012/2013 yang berjumlah 28 siswa. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus dan setiap siklusnya memiliki empat tahap yaitu: perencanaan (plan), tindakan (act), pengamatan (observation) dan refleksi (reflect). Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi partisipasi, dokumentasi, dan tes. Instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar observasi, dan instrumen yang bersifat tes. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif. Kriteria keberhasilan penelitian ini untuk Aktivitas Belajar ditandai dengan persentase Aktivitas Belajar secara keseluruhan mencapai 75% atau minimal 21siswa yaitu 75% siswa mengalami peningkatan skor Aktivitas Belajar dan Hasil Belajar Akuntansi siswa secara kognitif mencapai minimal 21 siswa atau 75% mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) 75 pada mata diktat Akuntansi di sekolah. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Aktivitas Belajar dan Hasil Belajar Akuntansi mengalami peningkatan setelah dilakukan tindakan. Terjadi peningkatan Aktivitas Belajar dari siklus I ke siklus II, yaitu sebesar 57.44% menjadi 75.89% pada siklus II dan 25 siswa atau 89.29% mengalami peningkatan skor Aktivitas Belajar. Peningkatan Hasil Belajar Akuntansi siswa yang mencapai KKM dari post test siklus I ke post test siklus II sudah mencapai keberhasilan yang diharapkan yaitu 5 siswa atau 18.52% menjadi 23 siswa atau 85.19%. Kata Kunci: Student Teams Achievement Division (STAD), Aktivitas Belajar, Hasil Belajar Akuntansi

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Ilmu Sosial > Ekonomi > Akuntansi
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Pendidikan Akuntansi
Depositing User: Admin Akuntansi FE
Date Deposited: 17 Apr 2015 00:33
Last Modified: 29 Jan 2019 21:03
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/16520

Actions (login required)

View Item View Item