IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR AKUNTANSI PESERTA DIDIK KELAS XI AKUNTANSI 1 SMK NEGERI 1 DEPOK TAHUN AJARAN 2012/2013

Wayah Rizki Ngesti, Rizki (2013) IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR AKUNTANSI PESERTA DIDIK KELAS XI AKUNTANSI 1 SMK NEGERI 1 DEPOK TAHUN AJARAN 2012/2013. S1 thesis, Fakultas Ekonomi.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI RIZKI NGESTI WAYAH.pdf

Download (69MB) | Preview

Abstract

IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR AKUNTANSI PESERTA DIDIK KELAS XI AKUNTANSI 1 SMK NEGERI 1 DEPOK TAHUN AJARAN 2012/2013 Oleh: RIZKI NGESTI WAYAH 09403244016 ABSTRAK Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas yang bertujuan untuk meningkatkan Aktivitas Belajar Akuntansi Peserta Didik Kelas XI Akuntansi 1 SMK Negeri 1 Depok Tahun Ajaran 2012/2013 melalui Implementasi Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw. Penelitian ini dilakukan secara kolaboratif dan partisipasif yang dilaksanakan dalam dua siklus. Pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan menggunakan observasi partisipan dan angket. Analisis data yang digunakan adalah analisis data deskriptif dengan persentase kuantitatif yang dilakukan dengan mendeskripsikan data kuantitatif yang diperoleh. Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa Implementasi Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw dapat Meningkatkan Aktivitas Belajar Akuntansi Peserta Didik Kelas XI Akuntansi 1 SMK Negeri 1 Depok tahun ajaran 2012/2013. Hal ini didukung dengan data penelitian yang menunjukkan adanya peningkatan pada aspek/indikator membaca materi pelajaran Akuntansi, mencatat materi pelajaran, melakukan diskusi kelompok, mengerjakan latihan soal yang diberikan guru, menjawab pertanyaan dari guru maupun peserta didik lain selama berdiskusi, menanggapi pendapat peserta didik lain dalam diskusi, dan mengerjakan kuis yang diberikan guru secara mandiri. Pada siklus I diperoleh rata-rata skor Aktivitas Belajar Akuntansi sebesar 63,84% dan pada siklus II diperoleh skor 87,95%, terjadi peningkatan Aktivitas Belajar Akuntansi peserta didik sebesar 24,11%. Selain itu, jumlah peserta didik yang tergolong aktif selama proses pembelajaran siklus I sebanyak 13 anak atau 40,63% dan pada siklus II sebanyak 32 peserta didik telah aktif selama proses pembelajaran atau dengan kata lain 100% peserta didik aktif mengikuti pembelajaran pada siklus II, sehingga terjadi peningkatan jumlah peserta didik yang aktif sebanyak 59,97% dari siklus I ke siklus II. Kata kunci: Jigsaw, Aktivitas Belajar Akuntansi Kelas XI Akuntansi 1

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Ilmu Sosial > Ekonomi > Akuntansi
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Pendidikan Akuntansi
Depositing User: Admin Akuntansi FE
Date Deposited: 17 Apr 2015 00:33
Last Modified: 29 Jan 2019 21:03
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/16519

Actions (login required)

View Item View Item