AUDIT MANAJEMEN ATAS PEMBAYARAN PROGRAM PENSIUN PADA PT TASPEN (PERSERO) KANTOR CABANG PURWOKERTO

Masitoh Dewi, Dewi (2013) AUDIT MANAJEMEN ATAS PEMBAYARAN PROGRAM PENSIUN PADA PT TASPEN (PERSERO) KANTOR CABANG PURWOKERTO. S1 thesis, Fakultas Ekonomi.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI DEWI MASITOH-NIM.09412144043.pdf

Download (6MB) | Preview

Abstract

AUDIT MANAJEMEN ATAS PEMBAYARAN PROGRAM PENSIUN PADA PT TASPEN (PERSERO) KANTOR CABANG PURWOKERTO Oleh: DEWI MASITOH 09412144043 ABSTRAK Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif yang dilakukan pada PT TASPEN (PERSERO) Kantor Cabang Purwokerto. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil Audit Pendahuluan, mengetahui hasil penelaahan dan pengujian sistem pengendalian manajemen untuk menilai efektivitas pembayaran program pensiun PT TASPEN (PERSERO), mengetahui hasil audit terinci untuk menilai efektivitas pembayaran program pensiun pada PT TASPEN (PERSERO) Kantor Cabang Purwokerto. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah wawancara, observasi, dan dokumentasi. Instrumen penelitian berupa program audit untuk menilai efektivitas pembayaran program pensiun didasarkan dari analisis kondisi, kriteria, sebab, dan akibat. Berdasarkan hasil analisis data dan pembahasan diketahui: (1) Hasil audit pendahuluan atas pembayaran program pensiun: (a) Terdapat struktur organisasi dan job description, (b) Tata Cara Pencairan, Penyaluran, Pembayaran, dan Pertanggungjawaban Dana Belanja Pensiun digunakan sebagai pedoman perusahaan, (2) Hasil penelaahan dan pengujian sistem pengendalian manajemen terdapat kekuatan dan kelemahan yang ditemukan, (3) Hasil audit terinci diketahui bahwa pembayaran program pensiun belum efektif karena terdapat kelemahan antara lain: (a) Ketidakpatuhan Kantor Bayar atas pelaksanaan perjanjian, (b) Terdapat kesalahan dalam Laporan Pertanggungjawaban yang diserahkan dari Kantor Bayar kepada Kantor Cabang, (c) Tidak ada pengawasan yang dilakukan saat meneruskan Rekap 1 dan Dapem kepada Kantor Bayar, (d) Tidak ada pengawasan yang dilakukan pada saat Kantor Bayar melakukan koreksi penghitungan, (e) Tidak ada jangka waktu antara pembuatan Daftar Pembayaran Pensiun (DP2) non Dapem dengan pengembalian uang yang disetor ke kas negara, (f) Kesulitan dalam melakukan rekonsiliasi antara nomor rekening dengan kode masing-masing kantor bayar. Rekomendasi yang diberikan antara lain: (1) Dilakukan tinjauan kembali atas perjanjian kerjasama dengan pihak Kantor Bayar, (2) Penugasan untuk karyawan dari pihak perusahaan sebagai pengawas di Kantor Bayar (3) Diberikan tenggang waktu untuk menyelesaikan Daftar Pembayaran Pensiun Non Dapem, (4) Dibuat jadwal untuk menyetorkan Saldo Uang Pensiun ke kas negara, (5) Rekonsiliasi antara nomor rekening dengan kode masing-masing kantor bayar dilakukan setiap 1 (satu) bulan sekali saat bulan pembayaran. Kata kunci: Audit Manajemen, Pembayaran Program Pensiun

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Ilmu Sosial > Ekonomi > Akuntansi
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Pendidikan Akuntansi
Depositing User: Admin Akuntansi FE
Date Deposited: 17 Apr 2015 00:33
Last Modified: 29 Jan 2019 21:03
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/16517

Actions (login required)

View Item View Item