PENGARUH MOTIVASI BERPRESTASI DAN PERSEPSI SISWA TENTANG METODE MENGAJAR GURU TERHADAP PRESTASI BELAJAR AKUNTANSI KEUANGAN SISWA KELAS XI KOMPETENSI KEAHLIAN AKUNTANSI SMK NEGERI 1 PENGASIH TAHUN AJARAN 2012/2013

Sari Arlin Nosa Sefrian, Arlin (2013) PENGARUH MOTIVASI BERPRESTASI DAN PERSEPSI SISWA TENTANG METODE MENGAJAR GURU TERHADAP PRESTASI BELAJAR AKUNTANSI KEUANGAN SISWA KELAS XI KOMPETENSI KEAHLIAN AKUNTANSI SMK NEGERI 1 PENGASIH TAHUN AJARAN 2012/2013. S1 thesis, Fakultas Ekonomi.

[img]
Preview
Text
Skripsi Arlin 09403244010.pdf

Download (6MB) | Preview

Abstract

PENGARUH MOTIVASI BERPRESTASI DAN PERSEPSI SISWA TENTANG METODE MENGAJAR GURU TERHADAP PRESTASI BELAJAR AKUNTANSI KEUANGAN SISWA KELAS XI KOMPETENSI KEAHLIAN AKUNTANSI SMK NEGERI 1 PENGASIH TAHUN AJARAN 2012/2013 Oleh: ARLIN NOSA SEFRIAN SARI 09403244010 ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Pengaruh Motivasi Berprestasi terhadap Prestasi Belajar Akuntansi Keuangan siswa kelas XI Kompetensi Keahlian Akuntansi SMK Negeri 1 Pengasih Tahun Ajaran 2012/2013; (2) Pengaruh Persepsi Siswa tentang Metode Mengajar Guru terhadap Prestasi Belajar Akuntansi Keuangan siswa kelas XI Kompetensi Keahlian Akuntansi SMK Negeri 1 Pengasih Tahun Ajaran 2012/2013; (3) Pengaruh Motivasi Berprestasi dan Pengaruh Persepsi Siswa tentang Metode Mengajar Guru secara bersama- sama terhadap Prestasi Belajar Akuntansi Keuangan siswa Kelas XI Kompetensi Keahlian Akuntansi SMK Negeri 1 Pengasih Tahun Ajaran 2012/2013. Penelitian ini adalah penelitian ex post facto dan penelitian kasual komparatif. Populasi dalam penelitian ini yaitu siswa kelas XI Kompetensi Keahlian Akuntansi SMK Negeri 1 Pengasih Tahun Ajaran 2012/2013 yang berjumlah 64 siswa. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuesioner dan dokumentasi. Uji coba instrumen penelitian dilakukan terhadap 30 siswa di SMK Negeri 1 Depok. Uji validitas instrumen menggunakan teknik analisis korelasi Product Moment dan uji reliabilitas instrumen menggunakan koefisien Alpha Cronbach. Sebelum data penelitian dianalisis, dilakukan uji prasyarat analisis meliputi uji linieritas dan uji multikolinieritas. Teknik analisis data yang digunakan yaitu uji hipotesis pertama dan kedua dengan analisis regresi sederhana dan uji hipotesis ketiga dengan analisis regresi ganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) terdapat pengaruh positif dan signifikan Motivasi Berprestasi terhadap Prestasi Belajar Akuntansi Keuangan ditunjukkan rx1y 0,634, r2x1y 0,401 dan thitung 6,447 > ttabel 1,671; (2) terdapat pengaruh positif dan signifikan Persepsi Siswa tentang Metode Mengajar Guru terhadap Prestasi Belajar Akuntansi Keuangan ditunjukkan dengan rx2y 0,696, r2x2y 0,484 dan thitung 7,632 > ttabel 1,671; (3) terdapat pengaruh positif dan signifikan Motivasi Berprestasi dan Pengaruh Persepsi Siswa tentang Metode Mengajar Guru secara bersama-sama terhadap Prestasi Belajar Akuntansi Keuangan ditunjukkan dengan Ry(1,2) = 0,759, R2y(1,2) = 0,576 dan Fhitung 41,403 > Ftabel 3,140, sumbangan efektif variabel Motivasi Berprestasi sebesar 22,89% dan variabel Persepsi Siswa tentang Metode Mengajar Guru sebesar 34,71%. Kata Kunci : Motivasi Berprestasi, Persepsi Siswa tentang Metode Mengajar Guru, Prestasi Belajar Akuntansi Keuangan

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Ilmu Sosial > Ekonomi > Akuntansi
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Pendidikan Akuntansi
Depositing User: Admin Akuntansi FE
Date Deposited: 17 Apr 2015 00:33
Last Modified: 29 Jan 2019 21:03
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/16516

Actions (login required)

View Item View Item